fbpx

13 Cara Diet Sehat yang Dapat Kamu Lakukan dengan Mudah

Tubuh yang ideal adalah sesuatu yang amat didambakan oleh banyak orang. Agar bisa mendapatkannya, banyak orang justru berusaha dengan cara yang ekstrim. Dimulai dari melakukan olahraga ekstrim, hingga menjalankan program diet ekstrim. Dapat diakui jika diet adalah salah satu cara paling ampuh untuk dapat menurunkan berat badan.

Sayangnya, karena banyak orang benar-benar menginginkan hasil yang instan dan cepat, cara diet ​​tidak sehat dan ekstrim justru dijalankan tanpa mempertimbangkan kondisi fisik yang dimiliki serta asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mereka yang sangat ingin memiliki tubuh ideal rela menahan lapar secara berlebihan, bahkan mengonsumi obat diet yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Menjalankan cara diet yang tidak sehat, ekstrim, dan tanpa pertimbangan gizi yang tepat justru dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya, salah satunya adalah membuat kita menjadi sakit. Inilah alasan mengapa kamu yang ingin memiliki tubuh ideal sebaiknya menjalankan diet dengan cara yang sehat. Menjalankan cara diet sehat tidak hanya bisa membantu kamu mendapatkan berat badan yang kamu inginkan. Ia pun bisa membuat tubuh menjadi bugar dan bertenaga.

Lalu bagaimana cara menjalankan diet yang tergolong sehat? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu tiru untuk melakukan diet dengan cara yang sehat. Apabila dilakukan dengan benar, beberapa cara diet sehat berikut ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

#1 Lakukan Diet Sehat dengan Mengurangi Asupan Gula

Jika kamu benar-benar menginginkan bobot tubuh yang berkurang, bentuk tubuh yang ideal, dan menerapkan cara diet sehat, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kurangi asupan gulamu sehari-hari. Ini dikarenakan gula yang kamu konsumsi dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Salah satu penyakit disebabkan oleh asupan gula berlebih adalah diabetes tipe 2.

Selain menyebabkan penyakit, asupan gula berlebih juga bisa menjadi penyebab berat badanmu bertambah. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi asupan gula yang kamu konsumsi. Jika cara diet sehat dengan mengurangi gula ini agak sulit untuk kamu lakukan, kamu bisa berusaha mengganti jenis gula yang kamu konsumsi. Contohnya adalah jika kamu terbiasa menggunakan gula pasir sebagai pemanis, coba ganti gula tersebut dengan gula aren atau madu.

pretty-young-woman-eating-red-cherry-tomato-holding-bowl-mixed-salad

#2 Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Jika Kamu Ingin Menjalankan Diet Sehat

Selain mengurangi asupan gula, jika kamu benar-benar ingin menjalani cara diet sehat, kamu pun perlu mengurangi konsumsi karbohidrat. Jenis karbohidrat yang harus kamu kurangi asupannya adalah karbohidrat sederhana. Mengurangi asupan karbohidrat ini dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan dan membantumu memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Untuk bisa berhasil menerapkan cara diet sehat dan mengurangi asupan karbohidrat, kamu tidak perlu menjauhkan diri dari karbohidrat itu sendiri secara berlebihan. Kamu hanya perlu mengganti jenis karbohidrat tersebut. Cobalah untuk mulai mengonsumsi karbohidrat kompleks. Namun jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan porsi yang kamu santap dan jangan sampai kamu memakannya secara berlebihan.

#3 Jika Ingin Menjalankan Diet Sehat, Kurangi Makan Makanan Olahan

Langkah satu ini benar-benar harus kamu lakukan jika kamu ingin menjalani cara diet yang sehat. Mengapa kamu harus mengurangi makanan olahan yang kebanyakan rasanya lezat ini? Karena makanan olahan adalah jenis makanan yang hampir seluruh kandungan nutrisi serta serat penuh manfaatnya sudah hilang. Jika kamu tetap banyak mengonsumsi makanan olahan ini, lantas nutrisi dan manfaat apa yang kamu dapatkan?

Selain kamu tidak akan mendapatkan manfaat apapun, mengonsumsi makanan olahan secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit. Terdapat berbagai jenis makanan olahan yang mesti kamu hindari, beberapa di antaranya adalah junk food, makanan ringan, soda, nasi putih, roti putih, dan tepung putih. Kurangi konsumsi makanan dan minuman ini jika kamu ingin menjalankan diet dengan cara yang sehat.

#4 Cukupi Kebutuhan Protein untuk Diet Sehat yang Berhasil

Melakukan cara diet sehat bukan berarti kamu harus mengurangi dan mengurangi banyaknya jenis makanan yang biasa kamu konsumsi. Justru ada jenis makanan lain yang perlu kamu cukupi kebutuhannya. Salah satunya adalah makanan yang mengandung protein.

Untuk menjalankan diet dengan cara yang sehat kamu memerlukan asupan protein tinggi. Asupan ini dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Selain itu, cara diet sehat dengan melibatkan protein tinggi juga berhasil memberikan efek berupa tubuh yang terasa kenyang lebih lama. Nafsu makan pun dapat ditekan karena konsumsi protein tinggi ini.

Tidak hanya bisa membuat cara diet sehatmu berhasil, protein tinggi juga turut berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 80 sampai 100 kalori dalam sehari. Ada banyak makanan sumber protein tinggi yang bisa kamu konsumsi selama melakukan cara diet sehat. Beberapa contohnya adalah kacang-kacangan, daging yang tidak memiliki lemak, ikan, ayam, dan telur.

#5 Mengonsumsi Lemak yang Sehat Juga Dapat Mendorong Keberhasilan Diet Sehat

Siapa bilang makanan berlemak harus selalu kita hindari selama melakukan cara diet sehat? Justru, mengonsumsi lemak adalah salah satu bagian dari cara diet yang sehat. Lemak tidak selalu diasosiasikan dengan makanan-makanan yang dapat membuat gemuk. Ia justru memiliki banyak manfaat yang salah satu di antaranya adalah dapat mengurangi risiko penyakit yang menyerang jantung, serangan stroke, serta kolesterol jahat. Kamu bisa menemukan makanan yang menjadi sumber lemak sehat seperti ikan berlemak, minyak zaitun, serta alpukat.

Ketogenic low carbs diet - food selection on white background

#6 Selama Melakukan Diet Sehat, Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kedua jenis makanan ini penting untuk kamu konsumsi selama menjalankan cara diet sehat, selain protein dan lemak. Ini dikarenakan buah mengandung air, nutrisi, dan serat yang sangat tinggi. Kandungan yang dimiliki buah membuat saluran pencernaan kita dapat terjaga.

Tidak hanya itu, konsumsi buah dan sayur pun memiliki manfaat lain. Serat yang dikandung oleh buah dan sayur bisa membantu menekan nafsu makan. Ini dikarenakan keunggulan serat yang bisa membuat perut kita merasa kenyang lebih cepat.

#7 Perbanyak Konsumsi Air Putih, Bukan Minuman dengan Rasa

Walaupun selama menjalani cara diet sehat kamu sudah rajin mengonsumsi buah dan sayur, kamu tetap harus memenuhi kebutuhan airmu dengan maksimal. Oleh karenanya, kamu perlu meminum air mineral dengan cukup setiap hari. Perbanyak minum air mineral, bukan minuman dengan rasa yang justru memiliki kadar gula tinggi.

Konsumsi air mineral yang cukup bisa mendorong keberhasilan cara diet sehat yang kamu lakukan. Air mineral ini penting untuk membantumu meningkatkan metabolisme dalam tubuhmu. Tidak hanya, konsumsi air mineral yang cukup sebelum makan juga dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Ini dikarenakan kamu sudah merasa kenyang terlebih dahulu sebelum makan.

#8 Buat Catatan atau Daftar Apa yang Kamu Makan Setiap Hari

Catatan ini bisa kamu namakan sebagai jurnal diet. Jurnal diet ini amat membantu kamu menjalankan diet dengan cara yang sehat. Kamu hanya perlu mencatat apa saja kira-kira makanan yang sudah kamu makan hari ini.

Jika kamu benar-benar ingin menjalankan cara diet sehat, kamu perlu mengingat makanan apa saja yang sudah kamu santap setiap hari. Tujuan dari dibuatnya jurnal diet ini adalah agar kamu dapat mengetahui apa saja yang sudah kamu makan dan mencegah kamu untuk makan berlebihan di hari berikutnya.

Selain itu, kamu pun bisa mencatat asupan kalori harianmu. Dengan mengetahui asupan kalori harian ini, kamu jadi tahu, apakah selama berusaha menurunkan berat badan atau menjalankan cara diet sehat kamu telah makan berlebihan atau tidak. Kamu pun jadi tahu berapa banyak kalori yang harus kamu kurangi setiap hari.

#9 Minum Teh Hijau untuk Membantu Pembakaran Lemak

Teh hijau yang harus kamu konsumsi ini berbeda dari minuman dengan rasa green tea atau matcha yang biasa ada di berbagai mereka minuman kekinian. Minuman-minuman tersebut memiliki kadar gula yang tinggi dan justru harus kamu kurangi konsumsi. Teh hijau yang amat direkomendasikan untuk kamu minum ini sangat berbeda.

Kamu disarankan meminum teh hijau murni untuk menyukseskan cara diet sehat yang kamu lakukan. Teh hijau murni ini bisa membantu meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Alhasil, berat badanmu perlahan turun karena konsumsi teh ini. Selain itu, teh hijau pun bisa mendorong peningkatan pengeluaran energi saat pembakaran lemak terjadi. Pastikan untuk tidak menambahkan gula pada teh hijau tersebut.

#10 Cobalah untuk Makan Menggunakan Piring Berukuran Kecil

Jika kamu ingin menjalankan diet sehat, cobalah untuk menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil. Ini dikarenakan ada penelitian yang dilakukan berkaitan dengan penggunaan piring kecil. Katanya, piring seperti ini dapat membantumu seseorang untuk makan dengan porsi lebih sedikit. Piring yang lebih kecil bisa mengubahmu dalam melihat ukuran makanan yang kamu ambil. Jadi, ganti ukuran piringmu dengan piring yang lebih kecil saat akan makan makanan berat.

#11 Jangan Sampai Tidak Sarapan

Diet bukan berarti kamu harus benar-benar tidak makan agar bobot tubuh bisa cepat turun dan kamu segera memiliki bentuk tubuh ideal. Justru, ada jam makan yang tidak boleh kamu lewati. Jam makan tersebut adalah sarapan. Banyak orang memilih untuk tidak sarapan dengan alasan diet. Padahal, kebiasaan sarapan ini tidak boleh kamu tinggalkan jika kamu ingin menjalankan pola diet sehat.

Sarapan sangat penting untuk kamu yang ingin diet dan menurunkan berat badan. Pastikan kamu menyantap sarapanmu sekitar 45 menit setelah kamu bangun. Sarapan ini penting, karena saat kamu terbangun dari tidur, metabolisme tubuhmu rendah dan ia perlu dipacu menggunakan makanan. Saat makan, metabolisme justru akan meningkat dan ia bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

#12 Miliki Waktu Tidur yang Cukup agar Diet Sehat Berhasil

Keberhasilan dietmu tidak hanya ditentukan oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Kamu harus memiliki pola hidup yang baik agar bisa menjalankan diet sehat. Salah satu pola hidup atau kebiasaan baik yang harus kamu punya adalah memiliki waktu tidur cukup. Kebiasaan tidur ini berperan sangat penting dalam menurunkan berat badan.

Kamu perlu tidur dengan cukup agar penambahan bobot badan dapat dicegah. Ini dikarenakan kualitas tidur kurang baik rupanya dapat mengganggu naik turunnya hormon terhadap nafsu makan sehari-hari. Jika waktu tidurmu kurang, kamu akan jadi gampang lapar yang berujung pada kenaikan bobot badan.

#13 Lakukan Olahraga Secara Rutin

Kunci utama dari keberhasilan diet sehat yang kamu lakukan adalah gerak aktif. Gerak aktif ini dapat menyempurnakan pola hidup baikmu yang telah kamu lakukan dengan makan makanan bergizi, minum air putih, dan memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karenanya, pastikan kamu berolahraga secara rutin setiap hari.

Kamu bisa memutuskan sendiri ingin berolahraga di tempat publik seperti gym atau melakukannya di rumah saja. Kombinasikan olahraga yang sifatnya kardio serta latihan beban. Olahraga kardio dapat membantumu membakar kalori yang ada dalam tubuh. Sedangkan olahraga dengan jenis latihan beban bisa membantumu membentuk tubuh yang ideal.

Itulah ketiga belas cara diet sehat yang bisa kamu lakukan untuk memiliki bobot dan bentuk tubuh yang ideal. Memang tidak ada usaha diet yang bisa memberikanmu hasil yang instan. Diet sehat yang memerlukan proses panjang biasanya akan menunjukkan hasil yang maksimal dan bertahan lebih lama. Oleh karena itu, nikmati proses diet sehatmu dan berbahagialah saat menerima hasilnya nanti.

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
5 Cara Diet Ala Masyarakat Asia

5 Cara Diet Ala Masyarakat Asia

Cara diet ala masyarakat Asia kini sudah menarik perhatian banyak orang karena efektivitasnya dalam menjaga kesehatan dan berat badan sekaligus. Pola makan ini mulanya terinspirasi dari kebiasaan makan tradisional di negara-negara Asia yang kaya akan bahan alami,...

6 Keuntungan Minum Teh Detox Setiap Hari

6 Keuntungan Minum Teh Detox Setiap Hari

Teh detox menjadi salah satu jenis teh yang di klaim mampu membersihkan dan membuang racun dalam tubuh sekaligus menjaga berat badan supaya tetap ideal. Tapi benarkah teh detox se-efektif itu? Teh ini memang telah populer selama bertahun-tahun, terutama bagi mereka...

10 Keuntungan Mengonsumsi Teh Detoks Di Pagi Hari

10 Keuntungan Mengonsumsi Teh Detoks Di Pagi Hari

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi teh detoks secara rutin saat pagi hari. Minuman ini diyakini dapat mencegah tubuh kita dari berbagai penyakit dan ampuh untuk mengeluarkan racun di tubuh. Tak hanya sebagai cara diet saja, melainkan juga...