fbpx

7 Cara Praktis dalam Memutihkan Gigi yang Kuning

Untuk mempunyai penampilan yang menarik, kamu tentu harus memperhatikan berbagai aspek yang ada pada dirimu. Dimulai dari kepribadian hingga tampilan fisik yang dianggap memiliki nilai yang “ideal”. Salah satu penunjang penampilan yang benar-benar harus kamu perhatikan kondisinya adalah gigi. Mengapa gigi? Karena ia adalah salah satu bagian tubuhmu yang terlihat saat kamu tengah berbicara dan berinteraksi dengan banyak orang.

Karena memiliki peranan yang penting dalam hal menunjang penampilan, tak heran jika banyak orang mendambakan gigi yang putih dan nafas yang segar. Namun untuk memutihkan gigi, terlebih gigi yang sudah kuning, diperlukan usaha dan konsistensi dari sang pemilik gigi. Selain itu, kamu pun harus menghindari berbagai kebiasaan yang dapat mengubah warna gigi menjadi kuning.

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya perubahan warna gigi menjadi kuning, seperti:

– Tembakau. Mengunyah dan merokok tembakau dapat membuat gigimu menjadi kuning. Noda kuning yang menempel pada gigimu disebabkan oleh nikotin, sebuah zat yang bisa kamu temukan dalam tembakau. Meski sebenarnya nikotin tidak berwarna, saat ia dikombinasikan dengan oksigen, ia bisa membuat gigimu menjadi kuning. Selain itu, tar, yang sering diasosiasikan dengan tembakau, juga dapat mewarnai gigimu.

– Makanan dan Minuman. Beberapa makanan dan minuman, khususnys yang memiliki warna cukup mencolok seperti anggur merah, cola, kopi, teh, dan buah beri, rupanya dapat meninggalkan noda pada gigi. Cairan yang biasanya dapat menodai berbagai material berwarna putih pada umumnya dapat menodai gigi dengan cara yang sama. Beberapa makanan yang secara mengejutkan ternyata dapat menyebabkan noda pada gigi adalah apel dan kentang. Noda dari makanan-makanan tersebut menyebabkan residu yang menyusup atau menempel pada permukaan gigi sehingga membentuk noda.

– Obat-Obatan. Beberapa obat ada yang bisa membuat gigi menjadi kuning. Antibiotik merupakan penyebab umum yang dapat mengubah warna gigi pada anak-anak. Terkadang beberapa parawatan yang melibatkan radiasi dan kemoterapi yang melibatkan daerah leher dan kepala untuk kanker dapat mengubah warna gigi yang semula mengilap menjadi kuning. Obat lain juga dapat memiliki efek yang serupa.

– Trauma. Apabila gigimu pernah terluka, ia bisa retak atau patah. Area yang rusak rupanya bisa disusupi oleh zat pewarna yang menyebabkan noda kuning. Selain itu, jaringan di dalam gigi juga bisa terluka dan bahkan berdarah karena adanya trauma ini. Jaringan yang mati juga bisa membuat darah di dalam gigi masuk ke dentin dan berakhir di bawah email gigi.

– Fluoride. Asupan fluoride berlebihan ternyata bisa membuat gigimu menjadi kuning. Jika kamu mengonsumsi air dengan kadar fluoride tinggi atau mengonsumsi suplemen fluoride secara teratur, ia dapat meninggalkan noda kuning.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigimu berubah menjadi berwarna kuning. Untuk bisa menerapkan cara memutihkan gigi yang kuning, diperlukan perawatan secara berkala, yang bisa kamu pilih sendiri jenisnya. Apabila kamu memiliki dana berlebih dan ingin memutihkan gigi yang kuning melalui tangan profesional, kamu bisa memutihkan gigi kuning dengan berbagai perawatan di dokter gigi. Sedangkan apabila biayamu terbatas dan ingin memutihkan gigi kuning sendiri, ada beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah.

teeth-whitening-1024x576

Cara Memutihkan Gigi Kuning di Dokter Gigi

Apabila kamu memutuskan untuk menggunakan cara memutihkan gigi kuning di dokter gigi, ada beberapa jenis perawatan gigi yang bisa kamu pilih sambil berkonsultasi dengan ahlinya langsung. Berikut adalah beberapa perawatan gigi yang bisa membantumu memutihkan gigi yang kuning:

#1 Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan perawatan menghilangkan plak dan karang gigi yang menempel di sela-sela gigi. Perawatan ini biasanya rutin dilakukan oleh dokter gigi saat kamu tengah dalam jadwal dental check-up atau akan melakukan penambalan gigi. Selain bisa menghilangkan plak dan karang gigi, scaling bisa membantu gigimu menjadi lebih putih karena gigi-gigimu jauh lebih bersih setelah perawatan.

Selain itu, perawatan scaling juga bisa membantumu menghilangkan noda hitam dan kotoran lain yang menempel pada permukaan gigi. Biasanya dokter gigi akan menggunakan alat khusus saat sedang membersihkan seluruh permukaan gigimu. Setelah perawatan dilakukan, dokter gigi akan menyikat gigimu dengan bahan abrasif untuk menghilangkan noda pada gigi. Usahamu untuk memutihkan gigi kuning pun dapat terbantung oleh scaling ini.

#2 Bleaching Gigi sebagai Cara Memutihkan Gigi Kuning

Selain scaling, kamu juga dapat mengandalkan perawatan bleaching gigi untuk memutihkan gigi yang kuning. Metode yang dilakukan dokter untuk melakukan perawatan bleaching ini cukup mudah. Nantinya, permukaan gigimu akan diolesi bahan khusus. Setelah itu, dokter gigi akan menyinarinya dengan sinar laser.

#3 Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Melapisinya Menggunakan Veneer

Cara memutihkan gigi kuning satu ini dianggap paling populer dan kekinian di masa sekarang. Veneer sendiri adalah lapisan tipis yang terbuat dari bahan khusus dan ia berfungsi untuk melapisi permukaan gigi. Ada beragam bahan yang digunakan dokter gigi sebagai pelapis gigi, seperti contohnya porselen, komposit, dan keramik. Lapisan-lapisan inilah yang dapat memutihkan gigi yang kuning. Selain itu, jika gigimu sudah berwarna putih, veneer bisa membuatnya menjadi lebih putih, bersih, dan berseri. Tidak hanya bisa memutihkan gigi kuning, veneer pun rupanya bisa diandalkan untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak rata atau berantakan.

Biaya perawatan veneer cukup beragam. Ia disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan sebagai pelapis gigi serta berapa banyak gigi yang akan dipasangi veneer. Dalam hal bahan pelapis, veneer berbahan porselen lebih banyak diminati karena mampu bertahan lama dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, veneer porselen juga bisa memunculkan warna putih alami.

Namun ada yang perlu kamu perhatikan dari cara memutihkan gigi kuning melalui perawatan veneer. Perawatan ini bisa membuat gigimu menjadi lebih sensitif. Ini dikarenakan proses pemasangan veneer mengharuskan dokter mengikis beberapa milimeter enamel gigimu. Selain itu, lapisan veneer juga rentan mengalami kerusakan. Saat kamu mengunyah atau menggigit benda keras seperti es, ujung pensil, atau kuku, lapisan veneer-mu bisa longgar atau rontok. Jadi, kurangi kebiasaan memakan makanan keras saat veneer terpasang di gigimu.

#4 Gel Pemutih sebagai Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Saat kamu ingin memutihkan gigi yang kuning, dokter gigi bisa meresepkan kamu strip atau gel pemutih. Kedua produk ini dinilai efektif untuk memutihkan gigi yang kuning, meski sifatnya sementara. Hidrogen peroksida dikandung oleh gel pemutih gigi yang berwarna bening. Senyawa kuat satu ini sering digunakan dalam berbagai produk pemutih dan pembersih gigi.

Cara memakai gel pemutih ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan pasta gigi, lalu ambil sedikit gel sebesar biji jagung. Setelahnya, oleskan gel pemutih ini ke permukaan gigi. Kamu bisa langsung melihat hasilnya setelah beberapa kali pemakaian. Tetap gunakan gel pemutih gigi kuning ini sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya, perawatan gigi menggunakan gel pemutih ini bisa bertahan sampai empat bulan.

#5 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning dengan Strip Pemutih

Selain gel pemutih, kamu pun bisa memanfaatkan strip pemutih yang diresepkan dokter untuk memutihkan gigimu yang kuning. Strip pemutih ini juga mengandung hidrogen peroksida yang merupakan salah satu cara memutihkan gigi kuning di dokter gigi. Bentuk dari strip pemutih ini adalah lembaran tipis transparan yang hampir tidak kasat mata.

Cara pemakaian strip pemutih untuk memutihkan gigi juga amat mudah. Kamu hanya perlu menempelkan lembaran strip tersebut langsung pada permukaan gigi. Setelah itu, ratakan ia sesuai dengan alur baris gigi. Diamkan strip yang menempel pada gigi tersebut selama 30 menit.

Saat menggunakannya nanti, kamu tidak akan merasakan sesuatu yang aneh atau mengganjal di mulut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menggunakan strip ini sebanyak dua kali sehari selama 14 hari berturut-turut. Hasil dari strip ini akan terlihat setelah beberapa hari dan ia akan bertahan sampai empat bulan lamanya.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Kamu yang ingin lebih menghemat biaya dan memilih untuk memutihkan gigi kuning sendiri di rumah, bisa mencoba berbagai cara memutihkan gigi kuning sebagai berikut:

#1 Memanfaatkan Baking Soda sebagai Cara Memutihkan Gigi Kuning

Tidak hanya bermanfaat sebagai bahan kue, baking soda pun rupanya memiliki khasiat sebagai pemutih alami. Selain itu, baking soda pun sering menjadi bahan yang ada di dalam pasta gigi. Baking soda bisa memutihkan gigi kuning karena ia mempunyai sifat abrasif yang bersifat ringan, serta bisa membantu mengurangi noda pada permukaan gigi.

Baking soda pun bisa mencegah pertumbuhan bakteri, karena ia bisa membuat area di dalam mulut jadi bersifat basa. Namun karena cara memutihkan gigi kuning menggunakan baking soda membutuhkan proses, hasilnya tidak bisa langsung kamu rasakan hanya dalam waktu semalam.

The Journal of Clinical Dentisty mempublikasikan studi tentang kandungan baking soda dalam pasta gigi. Katanya, pasta gigi dengan baking soda ini bersifat lebih efektif dalam melennyapkan noda kuning pada gigi. Pasta gigi seperti ini jauh lebih unggul dibandingkan pasta gigi biasa.

Cara memanfaatkan baking soda ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan baking soda sebanyak 1 sendok teh serta air sebanyak 2 sendok teh pada sikat gigi. Setelah itu, sikat gigimu menggunakan campuran tersebut. Lakukan ini selama beberapa kali di rentang waktu satu minggu.

#2 Stroberi yang Rupanya Bisa Membantu Memutihkan Gigi yang Kuning

Buah dengan rasa masam ini ternyata bisa membantumu memutihkan gigi yang kuning. Ini dikuatkan oleh jurnal Operative Dentistry yang mempublikasikan sebuah penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa buah stroberi mengandung astringent, vitamin C, dan asam malat. Kandungan ini bisa membantu memutihkan gigi yang kuning. Selain itu, buah ini pun bisa menghilangkan plak gigi yang mengganggu.

Cara memutihkan gigi kuning dengan buah stroberi pun cukup mudah. Kamu hanya harus melumatkan buah stroberi. Setelah itu, saat membersihkan gigi, gunakan ia sebagai pasta.. Lakukan pembersihan ini paling sedikit dua kali dalam rentang waktu satu minggu agar hasilnya bisa maksimal.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi kuning yang bisa kamu lakukan di klinik dokter gigi atau di rumah. Yang jelas, kamu harus menghindari berbagai kebiasaan yang dapat membuat gigi kuning, agar usahamu untuk memutihkan gigi tidak terlalu sulit. Jaga selalu kesehatan gigimu mulai dari hari ini.

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New

5 Cara Menggunakan Pemutih Gigi Dengan Maksimal

Warna gigi yang putih merupakan salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan biar kamu punya senyum terbaik. Salah satu metode yang sering di pilih adalah dengan menggunakan pemutih gigi. Namun pemutih gigi ini perlu di gunakan dengan benar supaya hasil yang di...

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

Punya senyum dengan gigi putih yang bersinar cerah tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan semua itu, produk pemutih gigi menjadi salah satu solusi yang banyak di gunakan. Produk-produk ini mengandung berbagai zat yang bekerja dengan efektif untuk...

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Cara memutihkan gigi tak harus dengan prosedur medis seperti halnya bleaching gigi, lho! Kamu juga bisa memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Sebab selain meningkatkan rasa percaya diri, gigi yang putih cemerlang...