fbpx

Cara Ampuh Memutihkan Gigi; Perawatan Dokter & Alami

Memiliki gigi yang putih tentu menjadi dambaan semua orang. Selain merupakan salah satu indikator gigi yang bersih, gigi yang putih juga dapat menunjang penampilanmu. Saat kamu memiliki gigi putih, senyummu akan jadi lebih percaya diri dan wajah akan tampak lebih bersinar. Namun untuk mencapai keinginanmu yang satu ini tentu memerlukan usaha.

Ada berbagai cara yang dapat kamu tempuh untuk memutihkan gigi. Dimulai dengan melakukan perawatan dokter atau kamu pun bisa memutihkan gigi secara alami. Masing-masing cara memiliki efektivitasnya masing-masing. Kamu hanya tinggal memilih cara apa yang mana yang dirasa paling pas untuk memutihkan gigi yang kamu miliki.

cara memutihkan gigi

Mengandalkan Perawatan Dokter sebagai Cara Memutihkan Gigi

Saat kamu memutuskan untuk memutihkan gigi dengan cara mempercayakannya pada perawatan dokter, maka pemutih gigi akan dilibatkan. Pemutih gigi ini katanya, tidak hanya dapat membuat gigi bersih, tetapi juga membuat gigi terlihat lebih cerah. Hasil yang kamu dapatkan saat memutihkan gigi dengan perawatan dokter bergantung pada beberapa faktor. Dimulai dari kondisi gigi yang kamu miliki, noda pada gigi, serta sistem pemutihan seperti apa yang digunakan oleh dokter.

Demi keamananmu, pastikan kamu memilih cara memutihkan gigi dengan menyerahkannya pada ahlinya. Contohnya adalah dokter gigi atau orang-orang yang memang ahli di bidang ini. Profesi seperti ahli kebersihan gigi atau orang yang dapat memberikan terapi pada gigi dengan menyertakan resep dokter dapat masuk ke dalam kategori profesi ini.

Agar benar-benar yakin, kamu tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi yang kamu pilih. Kamu bisa bertanya tentang risiko yang dimiliki dari tiap-tiap perawatan gigi yang sekiranya menarik minatmu. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan karena merupakan seseorang yang ahli.

Kamu yang memilih cara memutihkan gigi dengan mempercayakannya pada dokter gigi bisa memilih metode-metode yang tersedia. Berikut adalah beberapa di antaranya:

#1 Cara Memutihkan Gigi dengan Metode Veneer

Jika kamu memilih cara memutihkan gigi dengan mempercayakannya pada dokter, veneer adalah pilihan yang paling populer. Metode ini sendiri dilakukan dengan memberikan lapisan tipis berbahan khusus pada permukaan gigi. Terdapat beragam bahan yang biasa dokter gunakan sebagai pelapis gigi tersebut.

Warna gigimu akan jadi lebih putih saat permukaannya diberikan veneer. Selain itu, gigimu akan jauh lebih cerah dan kamu bisa tersenyum dengan penuh percaya diri. Gigi yang kebetulan kurang rapi juga ternyata bisa ditangani menggunakan veneer.

Biaya veneer sendiri cukup beragam. Ia bergantung pada bahan pelapis gigi yang kamu pilih atau dokter berikan serta berapa banyak gigi yang memerlukan cara dan perawatan memutihkan gigi tersebut. Sebagai informasi tambahan, porselen adalah bahan veneer yang sangat disukai karena ia bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, warna putih alami juga dapat dimunculkan.

Namun yang perlu diperhatikan dari cara memutihkan gigi satu ini adalah veneer dapat membuat gigimu jadi lebih sensitif. Sensitifitas pada gigimu ini muncul karena pada proses pemasangan lapisan veneer, dokter harus membuat enamel gigimu lebih tipis dengan mengikisnya. Lapisan gigi buatan satu ini juga cenderung rentan terhadap kerusakan. Ia bisa longgar atau rontok saat kamu mengunyah atau menggigit benda keras.

#2 Cara Memutihkan Gigi dengan Menggunakan Gel Pemutih

Cara lain untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan gel pemutih. Biasanya, dokter akan memberikanmu resep strip atau gel pemutih. Dua produk ini efektif untuk memutihkan gigi sementara. Hidrogen peroksida adalah bahan yang dikandung oleh bahan pemutih gigi dengan warna bening satu ini, yang merupakan senyawa yang bisa memutihkan dan membersihkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan gel pemutih cukup mudah. Kamu hanya perlu mengambil gel sebesar biji jagung menggunakan sikat gigi, lalu oleskan ia ke permukaan gigi. Hasil pemakaian gel pemutih gigi ini bisa kamu lihat setelah kamu memakai gel ini sebanyak beberapa kali. Hal yang harus kamu perhatikan saat sedang menjalani cara memutihkan gigi menggunakan gel ini adalah untuk selalu menggunakannya sesuai dengan resep dokter. Biasanya, metode memutihkan gigi ini bisa bertahan sampai empat bulan lamanya.

#3 Cara Memutihkan Gigi dengan Memakai Setrip Pemutih Gigi

Hampir sama seperti gel pemutih yang diresepkan dokter, setrip pemutih juga mengandung hidrogen peroksida. Seperti yang sudah kita ketahui, hidrogen peroksida ampuh untuk memutihkan gigi sesuai dengan anjuran dokter. Sesuai dengan namanya, setrip pemutih gigi ini memiliki bentuk berupa lembaran yang tipis serta transparan. Produk satu ini bahkan hampir tidak kasat mata.

Cara menggunakan setrip pemutih gigi ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menempelkan lembaran pemutih gigi tersebut langsung pada permukaan gigi. Ratakan ia sesuai dengan alur baris gigimu. Kemudian diamkan setrip yang menempel tersebut selama 30 menit. Saat kamu menggunakannya, kamu tidak akan merasa seolah-olah sesuatu sedang mengganjal mulutmu.

Selama 2 minggu lamanya, kamu perlu menggunakan setrip ini agar bisa memberikan hasil maksimal. Gunakan ia minimal dua kali sehari. Kamu bisa langsung melihat hasilnya setelah beberapa hari pemakaian. Selain itu, hasil perawatan ini bisa bertahan sampai 120 hari.

#4 Cara Memutihkan Gigi dengan Memanfaatkan Pasta Gigi Pemutih dengan Resep Dokter

Selain gel pemutih dan setrip pemutih, kamu pun bisa menggunakan pasta gigi pemutih saat ingin memutihkan gigi. Pasta gigi ini mengandung zat keras yang bersifat abrasif. Saat kamu memanfaatkan zat abrasif ini, zat ini mampu menghilangkan kekusaman pada gigimu.

Kamu bisa membeli pasta gigi pemutih di berbagai tempat seperti minimarket salah satunya. Namun perlu kamu ketahui bahwa pasta gigi pemutih dengan resep dokter memiliki kekuatan zat abrasif yang jauh lebih tinggi. Inilah yang membuat pasta gigi pemutih jauh lebih unggul dibandingkan pasta gigi biasa.

Meski produk ini memiliki nama pasta gigi pemutih, warna asli dari gigi tidak bisa diubah oleh produk ini. Selain itu, noda yang sudah masuk ke bagian dalam gigi akan cukup sulit untuk dihilangkan. Produk ini hanya bisa membantu mengurangi tampilan noda di bagian terluar gigi.

Agar proses memutihkan gigi yang kamu lakukan berjalan dengan sangat baik, kamu harus melakukan teknik sikat gigi dengan benar. Seluruh bagian gigimu perlu disikat, mulai dari gigi terdepan hingga gigi yang ada di paling belakang. Lakukan tahapan ini dengan tidak terburu-buru. Proses penyikatan gigi yang terlalu kencang bisa memberikan dampak buruk pada bagian terluar gigi serta gusimu.

#5 Memutihkan Gigi dengan Cara Dental Bonding

Cara lain untuk memutihkan gigi adalah dengan memilih perawatan dental bonding di dokter gigi. Perawatan dental bonding memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan perawatan gigi di dokter lainnya. Kelebihan lain dari perawatan ini adalah kamu hanya memerlukan satu kali kunjungan untuk melihat hasilnya. Biasanya, dental bonding membutuhkan waktu prosedur sekitar 30 sampai 60 menit.

Proses dental bonding dilakukan dengan cara mengikir gigi agar permukaannya menjadi lebih kasar. Setelah itu, dokter akan mengoleskan cairan khusus di permukaan gigi tadi sebagai zat pengikat. Lalu resin komposit diletakkan oleh dokter di bagian gigi yang ingin kamu perbaiki.

Nantinya, resin komposit akan disesuaikan dengan warna alami dari gigi yang kamu miliki. dokter akan menyesuaikan warna resin komposit dengan warna alami pada gigimu. Setelah permukaan gigimu berhasil dipasangkan resin komposit, ia akan dikeraskan oleh dokter dengan memanfaatkan sinar ultraviolet.

Selain bisa memutihkan gigi, dental bonding juga bisa mengatasi gigi yang rusak. Gigi yang lapuk dan retak bisa diperbaiki oleh perawatan ini. Selain itu, kamu yang ingin celah kecil antar giginya ditutup atau ingin ukuran giginya diubah, amat bisa mengandalkan perawatan ini.

Cara Memutihkan Gigi dengan Langkah yang Alami

Jika kamu lebih memilih untuk memutihkan gigi dengan cara yang alami, ada beberapa pilihan yang dapat kamu lakukan. Selain kamu tidak perlu memerlukan biaya yang besar, cara yang kamu lakukan untuk memutihkan gigi pun terbilang mudah dan aman. Berikut adalah beberapa cara memutihkan gigi dengan langkah yang alami.

#1 Memastikan Prosedur Menyikat Gigi yang Kamu Lakukan Benar

Cara yang bisa kamu tempuh dengan sederhana untuk memutihkan gigi adalah dengan memastikan bahwa prosedur sikat gigimu dilakukan dengan benar. Selain itu, dilansir dari Healthline, kamu pun harus menyikat gigi dua kali sehari untuk dapat membersihkan gigi yang kuning. Terlebih jika kamu telah mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Lakukan prosedur sikat gigi selama minimal dua menit setiap sesi. Pastikan sikat gigimu dapat menjangkau setiap celah yang ada di gigi. Sikat dengan lembut dan lakukan gerakan memutar di seluruh bagian gigi. Gunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda yang ada di permukaan gigi. Apabila memungkinkan, kamu bisa menggunakan sikat gigi elektrik untuk dapat membersihkan noda membandel di gigi secara lebih efektif.

#2 Cara Memutihkan Gigi dengan Menggunakan Soda Kue dan Hidrogen Peroksida

Selain dengar melakukan prosedur sikat gigi dengan benar, kamu bisa mencoba memutihkan gigi dengan memanfaatkan soda kue serta hidrogen peroksida. Penumpukan plak dan bakteri pada gigi dapat dihilangkan dengan mengombinasikan kedua bahan ini. Hal ini membuat noda pada gigi jadi hilang.

Cara menggunakan soda kue dan hidrogen peroksida terbilang praktis. Kamu hanya perlu menciptakan pasta gigi yang terbuat dari campuran satu sendok makan soda kue dan dua sendok makan hidrogen peroksida. Kemudian, gunakan pasta gigi tersebut untuk menyikat gigimu. Setelahnya, bilas mulut sampai bersih agar lapisan pelindung gigim tidak rusak.

#3 Cara Memutihkan Gigi dengan Minyak Kelapa

Bahan alami seperti minyak kelapa pun rupanya bisa kamu manfaatkan. Berkumur dengan minyak kelapa dinilai ampuh untuk memutihkan gigi. Selain itu, minyak ini pun bisa membantu menghilangkan plak dan bakteri di mulut. Alhasil, gigimu akan tampak lebih putih.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk memutihkan gigi ini terbilang mudah. Kamu hanya perlu berkumur dengan satu sampai dua sendok teh minyak kelapa. Namun perlu diingatkan bahwa saat kamu berkumur dengan minyak kelapa ini, jangan sampai minyak ini tertelan atau menjangkau area bagian belakang tenggorokanmu.

#4 Cara Memutihkan Gigi dengan Cuka Apel

Kamu yang ingin memutihkan gigi secara alami bisa memanfaatkan cuka sari apel. Gunakan cuka sari apel sebagai obat kumur alami untuk membuat gigimu menjadi putih. Cara menggunakan bahan ini pun mudah. Kamu hanya tinggal mencampurkan dua sendok teh cuka apel dengan 170 mililiter air bersih dan jadikan ia sebagai obat kumur alami. Berkumur menggunakan campuran ini selama 30 detik, lalu bilas dengan air bersih, dan sikat gigi sampai bersih.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu pahami jika kamu ingin memutihkan gigi. Ada perawatan dokter yang bisa kamu tempuh dan kamu konsultasikan langsung dengan ahlinya. Ada pula langkah alami yang bisa kamu coba dan terapkan sendiri di rumah. Selamat memutihkan gigi!

 

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New

5 Cara Menggunakan Pemutih Gigi Dengan Maksimal

Warna gigi yang putih merupakan salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan biar kamu punya senyum terbaik. Salah satu metode yang sering di pilih adalah dengan menggunakan pemutih gigi. Namun pemutih gigi ini perlu di gunakan dengan benar supaya hasil yang di...

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

Punya senyum dengan gigi putih yang bersinar cerah tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan semua itu, produk pemutih gigi menjadi salah satu solusi yang banyak di gunakan. Produk-produk ini mengandung berbagai zat yang bekerja dengan efektif untuk...

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Cara memutihkan gigi tak harus dengan prosedur medis seperti halnya bleaching gigi, lho! Kamu juga bisa memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Sebab selain meningkatkan rasa percaya diri, gigi yang putih cemerlang...