fbpx

Benarkah Siwak Bisa Memutihkan Gigi Secara Alami? 

Tahukah kamu bahwa cara memutihkan gigi dengan alami bisa dengan menggunakan siwak? Sudah ada sejak zaman kuno, siwak jadi alat paling banyak digunakan oleh masyarakat Arab zaman dahulu kala untuk memutihkan gigi. Batang siwak dipercaya bisa memutihkan gigi hingga bersih, lho. Bahkan, sekarang ini siwak tidak hanya berbentuk batang kayu kering saja, melainkan juga tersedia dalam bentuk obat kumur serta pasta gigi. 

Tanaman Siwak atau Salvadora persica merupakan tanaman semak besar serta bercabang rapi. Tanaman siwak ini biasanya ditemukan di daerah yang gersang dan sangat kering. Selama berabad-abad tanaman ini sudah dipakai buat membersihkan mulut dan juga gigi, utamanya di arab. Pemakaian siwak dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk membersihkan gigi sebelum sholat. Sebelum adanya sikat gigi, siwak digunakan oleh beberapa negara, termasuk diantaranya India, Pakistan, Afrika dan juga Arab. 

Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau siwak punya kegunaan yang luar biasa untuk menjaga kebersihan gigi, lho. Lebih dari 80% peserta merasa gigi jadi semakin putih setelah mengganti sikat gigi dengan siwak. Mereka menggunakan pasta gigi seperti biasa dan hanya mengganti alat pembersihnya. Selain itu, gigi pun terasa lebih bersih serta bau mulut semakin menghilang. 

Umumnya, siwak punya ukuran sekitar 15 cm dengan diameter sekitar 1,5 cm. Siwak sendiri terbuat dari tanaman Salvadora persica, yang juga disebut Toothbrush Tree. Di beberapa negara, siwak tidak dari tanaman ini melainkan dari tangkai pohon jeruk atau citrus sinensis. Nah, serat tanaman di dalam siwak lah yang digunakan untuk mengangkat plak di permukaan gigi. 

Kandungan Siwak Untuk Memutihkan Gigi

Komposisi di dalam siwak lah yang membuat gigi jadi semakin putih. Kandungan Benzyl isothiocyanate mampu membuat efek yang baik dalam melawan bakteri penyebab penyakit gigi. Selain itu, kandungan alkaloid berfungsi sebagai antibakteri guna membuat gigi jadi semakin putih. 

cara memutihkan gigi dengan alami

Silika di dalam siwak berfungsi sebagai bahan abrasif yang bisa menghilangkan noda dan plak di dalam gigi. Nah, zat silika inilah yang berkontribusi membuat warna gigi jadi semakin putih. Kandungan Ion kalsium dan florida mampu mendorong mineralisasi ulang pada gigi sehingga tidak terjadi gigi berlubang 

Selain beberapa kandungan ini, ada juga vitamin C yang berguna untuk memperbaiki kerusakan pada gigi dan juga gusi. Adanya resin juga membuat lapisan enamel terlindungi dari serangan mikroba. 

Ada juga sodium bicarbonate yang berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh mikroorganisme pengganggu. Alkaloid di dalam siwak sendiri punya fungsi untuk mengusir bakteri dan stimulus yang baik untuk gusi. 

Berbagai Manfaat Siwak Untuk Memutihkan Gigi dengan Alami

Melihat berbagai macam kandungan yang tertera di dalam siwak, tentu kamu bisa menggunakannya untuk memutihkan gigi dengan bersih. Bila disingkat, beberapa hal di bawah ini adalah manfaat dari kegunaan siwak:

  1. Mencegah gigi berlubang

Gigi yang berlubang memang sangat mengganggu penampilan. Selain itu, rasa sakit pun akan semakin menjalar ketika gigi mengalami retakan kecil saja, apalagi kalau lubangnya bisa sampai besar. Nah, kamu bisa coba cegah gigi berlubang dengan merutinkan penggunaan siwak. Ini karena siwak punya kandungan essential oil sehingga meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. 

Semakin banyak air liur yang dihasilkan, semakin seimbang pula pH di rongga mulut. Akhirnya, pertumbuhan bakteri pun bisa semakin ditekan. Akhirnya, rongga-rongga kecil di dalam mulut pun bisa diminimalisir dengan cara ini. 

  1. Menyegarkan Napas 

Bau mulut bukan masalah yang bisa dianggap sebelah mata. Bila bau mulut terasa tidak enak, biasanya kepercayaan diri pun akan semakin berkurang. Padahal, berbagai kesempatan akan datang pada mereka yang punya kepercayaan diri tinggi. 

Siwak ternyata juga punya manfaat besar untuk menghempaskan bau mulut yang mengganggu. Batang siwak sendiri punya kandungan antibakteri alami sehingga pertumbuhan kuman yang menyebabkan bau mulut jadi terhambat. Semakin banyak kuman yang menempel pada gigi, semakin mudah pula bau mulut seseorang berubah jadi tidak sedap. 

  1. Mencegah Terjadinya Plak

Selain bau mulut, plak gigi bisa mengganggu penampilan bila dibiarkan menempel dan membentuk karang. Gigi pun jadi terlihat nggak sehat karena tidak seputih yang diinginkan. Tak hanya membuat penampilan jadi semakin memburuk, plak yang terlanjur menjadi karang juga membuat kesehatan gigi jadi memburuk. Dikhawatirkan, penampilan pun jadi terganggu karena hal ini. 

cara memutihkan

Sisa makanan yang menempel pada gigi sering membuat plak bertumpuk di sela-sela gigi. Guna menghindari hal tersebut, pastikan kamu rutin membersihkan gigi dengan sikat gigi. Gunakan pula pasta gigi berbahan siwak untuk membersihkan gigi. 

  1. Melindungi Gusi

Gusi pun bisa juga terlindungi dengan penggunaan siwak secara rutin. Dengan mencegah terjadinya plak yang menempel, maka pertumbuhan bakteri pun bisa dicegah. Di dalam siwak sendiri terkandung sulfat yang berguna untuk mencegah tumbuhnya jamur pada rongga mulut. Gunakan siwak secara rutin tiga kali dalam satu minggu guna melindungi gusi dari plak. 

Cara Memutihkan Gigi dengan Alami

Putihkan gigi dengan menggunakan siwak. Caranya adalah dengan menggosokkan batang siwak secara merata dan lakukan sekitar 2 hingga 3 kali sehari. Ikuti beberapa cara memutihkan gigi secara alami menggunakan siwak:

  1. Potong siwak secara kecil-kecil
  2. Kunyah ujung siwak terlebih dahulu hingga menjadi lunak dan berbentuk seperti bulu.
  3. Bila dirasa ujung siwak tidak segera lunak, bisa dengan ditambahi menggunakan air
  4. Setelahnya, sikat gigi seperti biasa
  5. Kunyah bulu setiap bulu-bulu yang sudah lunak menjadi rusak atau habis

Banyaknya manfaat yang diberikan dari siwak membuatnya jadi opsi terbaik bagi kamu yang ingin memutihkan gigi secara alami. Siwak sendiri sudah diakui oleh World Health Organization (WHO) sebagai salah satu oral hygiene. 

Bila ingin mendapatkan manfaat yang sangat praktis dari siwak, bisa memilih pasta gigi dengan kandungan siwak dan ekstrak daun mint. Kedua bahan ini akan bekerja secara efektif memutihkan gigi secara alami. Mulut pun jadi lebih segar serta wangi

Namun, sebelum menggunakan siwak untuk memutihkan gigi secara alami, alangkah baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ini dilakukan supaya dokter mengetahui jenis alergi yang ada pada dirimu.  

Ini dia cara memutihkan gigi dengan alami menggunakan siwak. Meskipun dipakai oleh orang arab, nyatanya siwak saat ini sudah sangat mudah dibeli di beberapa toko di Indonesia. Bila kamu ingin penggunaan siwak yang lebih praktis, bisa memilih menggunakan pasta gigi ekstrak siwak dengan bahan alami yang bisa digunakan tanpa ribet. 

Bagi Beauty Babe yang menghendaki gigi putih alami tanpa perlu berkunjung ke dokter, bisa coba pakai Beaudelab pemutih gigi yang berbentuk pen LED. Dengan kualitas yang luar biasa, pemutih gigi Beaudelab bisa memutihkan gigi kamu cukup butuh waktu 15 menit saja, lho.

Gigi yang putih memang jadi rahasia meraih impian. Dapatkan pemutih gigi LED Beaudelab hanya di Shopee atau Tokopedia

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New

5 Cara Menggunakan Pemutih Gigi Dengan Maksimal

Warna gigi yang putih merupakan salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan biar kamu punya senyum terbaik. Salah satu metode yang sering di pilih adalah dengan menggunakan pemutih gigi. Namun pemutih gigi ini perlu di gunakan dengan benar supaya hasil yang di...

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

Punya senyum dengan gigi putih yang bersinar cerah tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan semua itu, produk pemutih gigi menjadi salah satu solusi yang banyak di gunakan. Produk-produk ini mengandung berbagai zat yang bekerja dengan efektif untuk...

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Cara memutihkan gigi tak harus dengan prosedur medis seperti halnya bleaching gigi, lho! Kamu juga bisa memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Sebab selain meningkatkan rasa percaya diri, gigi yang putih cemerlang...