fbpx

9 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Diet

Semakin bertambahnya umur, kamu tentu heran kenapa tubuh susah banget buat diajak diet? Well, nggak heran karena semakin bertambahnya umur, metabolisme tubuh jadi semakin lambat. Semakin tinggi metabolisme tubuh, semakin cepat pula kalori terbakar. Pembakaran kalori ini diperlukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. 

Tak hanya itu, metabolisme tubuh yang baik juga berguna untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan imunitas.  Metabolisme yang baik akan menjaga tubuh untuk tetap bugar. So, sebenarnya kamu perlu banget buat senantiasa meningkatkannya. Utamanya, bagi kamu yang sedang diet, metabolisme tubuh berperan penting banget untuk membuat badan senantiasa semakin langsing dari hari ke hari. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh? ini dia 9 cara yang bisa kamu coba. 

  1. Perbanyak Konsumsi Protein Harian

Saat diet, bukan berarti kamu harus memangkas semua jenis makanan yang masuk ke dalam badan. Kamu tetap perlu asupan makanan yang sehat, terutama yang mengandung protein. Makanan dengan kandungan protein sangat penting untuk meningkatkan metabolisme. 

Protein dikatakan mampu meningkatkan level TEF (Thermic Effect of Food). Semakin naik TEF nya, maka metabolisme juga akan meningkat sekitar 15-30%. Konsumsi protein juga membantu kamu untuk merasa lebih kenyang lebih lama. Nah, rasa kenyang yang kamu rasakan akan membuat nafsu makan semakin menurun. 

Protein yang semakin tinggi pada suatu makanan juga penting banget untuk meningkatkan metabolisme, yang berperan penting dalam menurunkan berat badan. 

cara untuk diet yang benar

  1. Minum Sebanyak Mungkin Air Putih

Kamu masih sering menyepelekan manfaat dari air putih? Jangan salah. Konsumsi air putih secara rutin bisa membantu kamu turun berat badan secara cepat, loh. Minum air putih sebanyak-banyaknya merupakan cara untuk diet yang paling murah dibandingkan tips lainnya. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan peningkatan metabolisme sebesar 30% bagi mereka yang rutin minum air putih setengah liter perhari. Bila jumlah konsumsi air putih ini ditingkatkan, tentu saja metabolisme akan semakin meningkat juga. 

Salah satu cara diet yang bisa Beauty Babe lakukan adalah dengan minum air putih 10 menit sebelum makan. Air putih yang diminum sebelum mengkonsumsi makanan terbukti bisa meningkatkan rasa kenyang. Efek baiknya, kamu bisa menurunkan berat badan secara lebih cepat. 

  1. Olahraga Secara Rutin dengan HITT

Bagi kamu yang belum tahu, HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan metode olahraga yang dilakukan untuk membakar kalori. Jenis olahraga yang tergolong dalam HITT misalkan saja bersepeda, zumba serta pilates. 

Umumnya, olahraga HITT dilakukan secara singkat namun dengan intensitas yang tinggi, yaitu hanya 10-20 menit saja. Well, lawan dari olahraga HITT sendiri adalah LISS (Low Intensity Steady State). Jenis olahraga LISS dilakukan dengan intensitas yang rendah dalam waktu lumayan lama. Beberapa contoh olahraga LISS sendiri adalah jogging, lari santai serta lompat tali. 

Kelebihan dari olahraga HITT, dibandingkan LISS sendiri adalah kecepatannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga HITT bisa membantu pembakaran kalori lebih cepat dibandingkan LISS. 

  1. Angkat Beban Berat

Semakin kamu rutin latihan angkat beban, berat badan pun akan turun secara lebih cepat. Latihan angkat beban berguna untuk membentuk otot, yang mana sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

Semakin kamu punya otot atau abs di perut, berat badan pun akan semakin cepat terbakar, bahkan meskipun kamu nggak lagi berolahraga untuk tiga hari. Sebuah penelitian telah membuktikan kelebihan angkat beban untuk menurunkan berat badan. Terbukti, 48 perempuan overweight yang melakukan diet dengan latihan angkat beban bisa menurunkan kalori hingga 800 kkal per harinya. 

cara untuk diet yang baik

  1. Mengurangi Rebahan

Salah satu cara diet terbaik yang lain adalah dengan mengurangi rebahan. Aktivitas yang masuk dalam kategori kegiatan sedentari ini tidak disarankan mendominasi kehidupan. Bagi beberapa pakar kesehatan, rebahan sendiri dikategorikan sebagai “The New Smoking”. Ini artinya, rebahan sama mematikannya dengan rokok, meskipun nikmat untuk dilakukan. 

Dengan mengurangi rebahan dan memilih untuk jalan-jalan sebentar, kamu sama saja membakar sekitar 175 kalori. Nah, khusus bagi kamu yang bekerja kantoran, usahakan untuk tidak terus-terusan duduk, melainkan mencoba berdiri selama beberapa waktu. Kamu bisa coba jalan-jalan ke ruangan sebelah, kok. Bisa juga coba beli standing desk yang mana bisa didirikan saat kamu lelah duduk. 

  1. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Cara untuk diet yang lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas dengan kandungan cabai sebagai bumbu. Semakin pedas makanan yang kamu makan, semakin naik juga metabolisme tubuhmu. Tak heran, mereka yang doyan makan pedas akan lebih mudah buang air besar.

Sayangnya, metode mengkonsumsi makanan pedas bagi orang yang memiliki maag tidak disarankan. So, kamu perlu menyesuaikan juga dengan kondisi kesehatan kamu sebelum mengkonsumsi makanan yang pedas untuk diet. 

Sebuah penelitian yang dilakukan membuktikan tingkat peningkatan berat badan pada orang yang rutin mengkonsumsi makanan pedas. Pembakaran kalori pun naik menjadi sekitar 10 kkal dibandingkan hari-hari biasa sebelum makan makanan pedas. 

  1. Menghindari Begadang

Salah satu alasan banyak orang modern cepat gemuk adalah kebiasaan begadang yang tidak sehat. Begadang sebenarnya boleh dilakukan sesekali untuk keperluan tertentu. Sayangnya, realita begadang kebanyakan orang modern sering melakukan hal yang tidak baik untuk kesehatan, terutama berat badan. 

Banyak orang semakin mudah kelaparan ketika begadang. Akhirnya, camilan dan minuman manis menjadi pelarian untuk menghabiskan malam yang panjang. Gula darah pun naik akibat kebiasaan ini. 

  1. Minum Kopi 

Rutin minum kopi terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3-11%. Kopi memang membantu pembakaran kalori lebih cepat daripada sebelumnya. Lebih jauh lagi, kopi ternyata mampu membakar kalori 29% lebih cepat pada wanita. Sayangnya, sama seperti metode makan pedas, minum kopi terlalu sering bagi penderita maag sangat tidak disarankan. 

  1. Minum Teh 

Teh punya kafein yang lumayan besar juga, sama seperti kopi. Bila dikonsumsi tanpa gula, teh tidak akan memiliki kalori tinggi. Rutin konsumsi teh setiap hari, maka berat badan Beauty Babe akan turun secara cepat. Terbukti metabolisme tubuh semakin meningkat ketika kamu rutin mengkonsumsi teh. Bahkan, tingkat peningkatan metabolisme tubuh mencapai 10-17% dibandingkan hari-hari biasa. 

Kamu pun bisa mulai merutinkan minum teh sebagai salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Konsumsi produk teh detox pun juga sangat disarankan, kok. Kamu bisa coba teh detox Beaudelab yang sudah dipakai oleh ribuan artis serta beauty influencer di Indonesia. 

Ribuan testimoni terkait teh detox Beaudelab ini sudah ada di e-commerce. Berbagai macam manfaat teh detox Beaudelab sendiri, diantaranya: mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori semakin cepat, mampu menurunkan berat badan hingga 10 kg dalam waktu dua minggu saja, serta tidak menimbulkan efek samping. 

Tertarik membeli teh detox Beaudelab? Beli lewat toko terpercaya, hati-hati penipuan yang mengatasnamakan tim Beaudelab. Kamu bisa membeli lewat toko online terpercaya official kami di Shopee!

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
5 Cara Diet Ala Masyarakat Asia

5 Cara Diet Ala Masyarakat Asia

Cara diet ala masyarakat Asia kini sudah menarik perhatian banyak orang karena efektivitasnya dalam menjaga kesehatan dan berat badan sekaligus. Pola makan ini mulanya terinspirasi dari kebiasaan makan tradisional di negara-negara Asia yang kaya akan bahan alami,...

6 Keuntungan Minum Teh Detox Setiap Hari

6 Keuntungan Minum Teh Detox Setiap Hari

Teh detox menjadi salah satu jenis teh yang di klaim mampu membersihkan dan membuang racun dalam tubuh sekaligus menjaga berat badan supaya tetap ideal. Tapi benarkah teh detox se-efektif itu? Teh ini memang telah populer selama bertahun-tahun, terutama bagi mereka...

10 Keuntungan Mengonsumsi Teh Detoks Di Pagi Hari

10 Keuntungan Mengonsumsi Teh Detoks Di Pagi Hari

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi teh detoks secara rutin saat pagi hari. Minuman ini diyakini dapat mencegah tubuh kita dari berbagai penyakit dan ampuh untuk mengeluarkan racun di tubuh. Tak hanya sebagai cara diet saja, melainkan juga...