fbpx

9 Kebaikan Minuman Kolagen Bagi Tubuh

Kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang membuat kulit menjadi lebih kenccang dan terlihat awet muda. Selain itu, Kolagen juga bagian dari matriks yang memberi struktur pada kulit, otot, dan tulang. Tugasnya adalah merekatkan semua zat agar terhubung satu sama lain. Didalam tubuh, ada beberapa jenis kolagen yang dapat ditemukan, mulai dari kolagen yang terdapat pada tulang, otot, rambut dan kulit. Untuk mendukung fungsi kolagen tersebut, disarankan untuk mengonsumsi minuman kolagen.

Ketika struktur dalam kulit mulai kehilangan kolagen, maka kulit akan mulai terlihat kendur dan berkerut. Salah satu cara mengatasi kehilangan kolagen dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi asupan kolagen seperti minuman kolagen. Minuman kolagen dipercaya dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan massa otot, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa kolagen hanya bisa dipakai sebagai bahan perawatan kulit. Padahal, kolagen masih memiliki banyak manfaat kesehatan lain yang tak kalah penting, seperti meredakan nyeri sendi dan mendukung kesehatan jantung. Berikut 9 kebaikan minuman kolagen bagi tubuh yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi minuman kolagen.

9 Kebaikan Minuman Kolagen

Di tengah berbagai perdebatan mengenai manfaat dan efek samping minuman suplemen kolagen, sebenarnya kolagen adalah sejenis protein yang tersusun dari asam amino yang dibutuhkan dan memiliki berbagai manfaat untuk kulit dan tubuh. Keberadaan kolagen mencapai 30% dari total protein dalam organisme tubuh.

Tidak hanya diproduksi secara alami oleh tubuh, kolagen juga dapat ditemukan dari berbagai bahan makanan yang kita konsumsi. Kolagen dalam tubuh berperan sangat penting seperti memperbaiki tekstur kulit, memperkuat tulang dan membantu pembekuan darah. Berikut beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan.

1. Penyembuhan luka dan cedera

Manfaat dari minuman kolagen yang pertama adalah membantu menyembuhkan luka dan cedera pada kulit. Sebagai salah satu protein alami, kolagen mempunyai peran yang signifikan dalam proses penyembuhan luka.

Selama proses penyembuhan, kolagen akan membuat luka di kulit tetap steril dan mencegah terjadinya infeksi lanjutan pada kulit. Kolagen akan bekerja dengan cara merangsang terbentuknya jaringan ikat dan pembuluh darah mikroskopis pada lapisan kulit, sehingga akan membuat luka menjadi lebih cepat sembuh.

2. Meningkatkan massa dan struktur otot

Minuman kolagen bertindak sebagai pendukung struktural untuk otot, berbagai organ tubuh dan pembuluh darah. Kolagen dipercaya dapat membantu dalam meningkatkan massa otot sehingga dapat membantu mereka yang menderita kehilangan massa otot seperti pada penderita sarcopenia (kondisi di mana massa otot hilang karena proses penuaan).  Selain itu, kolagen juga dapat memperkuat pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi, dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengatasi nyeri sendi

kebaikan minuman kolagen untuk tubuh yang selanjutnya adalah menyehatkan tulang, otot dan persendian. Mengkonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung kolagen dapat mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan nyeri sendi dan peradangan. Disarankan untuk mengonsumsi minuman collagen secara rutin agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.

4. Merawat sendi, tendon dan jaringan ikat

Tendon merupakan jaringan yang menjadi penghubung otot dan tulang yang membantu pergerakan di tubuh. Nh, didalam tendon terdapat kolagen tipe I yang berperan dalam memberikan struktur pada tendon. Berbeda dengan kolagen tipe II yang terdiri dari serat-serat yang lebih longgar yang memiliki peran sebagai bantalan sendi.

Kombinasi manfaat kolagen dapat meningkatkan pergerakan sendi, mengurangi peradangan, memperkuat jaringan ikat, dan mempercepat proses penyembuhan jika terjadi cedera.

5. Memelihara sistem pencernaan

Kebaikan lain dari minuman kolagen adalah memelihara sistem pencernaan. Kolagen yang ditemukan di jaringan ikat usus dapat mendukung dan memperkuat lapisan pelindung saluran pencernaan. Selain itu, kolagen juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses penyerapan air di usus. Kesehatan usus akan terjaga dan pencernaan menjadi lebih lancar apabila kebutuhan akan kolagen dapat terpenuhi.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kolagen juga memberikan manfaat yang cukup positif pada kesehatan tulang. Faktanya, tulang berpotensi mengalami penurunan kepadatan dan komposisi seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, kolagen berperan dalam menjaga kesehatan tulang agar tetap kokoh dan berfungsi dengan baik.

Wanita yang mengalami menopause juga cenderung lebih rentan terkena osteoporosis. Namun, dengan mengonsumsi minuman kolagen kamu akan mampu mengurangi resiko dan tingkat keparahan yang terjadi. Kepadatan mineral tulang orang yang mengkonsumsi minuman kolagen terbukti meningkat, sehingg hal ini menunjukkan bahwa minuman kolagen memiliki pengaruh yang signifikan dalam menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

7. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Tak disangka jika ternyata minuman kolagen juga memberikan kebaikan pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kolagen bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yaitu seperti penyakit jantung.

Selain itu, kolagen juga mampu meningkatkan kesehatan arteri dan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan kolagen, maka hal tersebut akan menyebabkan kerapuhan pada bagian arteri.

8. Menjadi sumber protein yang mudah dicerna

Seperti kita ketahui bahwa tubuh perlu bekerja keras untuk mencerna protein yang masuk melalui makanan, seperti protein dari daging sapi atau ayam. Hal ini menyebabkan beberapa orang mengalami kembung dan gejala pencernaan lainnya setelah mengonsumsi daging.

Nah, disinilah manfaat zat kolagen yang dapat memperlancar kinerja tubuh dalam memecah protein yang masuk melalui asupan makanan sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan lancar.

9. Menjaga kesehatan kulit

Selain segudng manfaat yang sudah disebutkan diatas, minuman kolagen juga dapat menjaga dan merawat kesehatan kulit. Kolagen dapat menghaluskan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, melembabkan, mengencangkan dan meningkatkan sirkulasi darah kulit.

Efek minuman kolagen dalam menghaluskan kerutan pada kulit dikaitkan dengan kemampuannya untuk merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen secara mandiri. Selain itu, kolagen juga memiliki manfaat tambahan untuk mengencangkan kerutan diwajah dan sekitar leher agar terlihat lebih muda.

Kandungan kolagen yang cukup dalam tubuh dapat menjaga kekenyalan/elastisitas kulit, melembabkan kulit secara alami dan mengurangi resiko terjadinya peregangan kulit. Karena itu, ksmu juga bisa menghindari kerutan pada kulit sejak dini dengan mengonsumsi minuman kolagen secara rutin setiap hari. Hasilnya, kulit akan terhidrasi dengan sempurna dan terlihat lebih sehat.

Nah, itu dia 9 kebaikan minuman kolagen bagi tubuh yang harus kamu ketahui. Tubuh yang memiliki cukup kolagen tentunya akan memiliki dampak positif pada aktivitas sehari-hari yang akan kamu jalani. Sebaliknya, jika kamu kekurangan kolagen, maka akan mnimbulkan dampak yang negatif pada tubuh.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan akn kolagen dengan mengonsumsi Beaudelab Collagen Drink. Produk ini sudah dijamin aman karena telah mendapatkan izin edar dari BPOM. Selain akan mendapatkan manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, kamu juga akan memiliki kulit yang bersih, halus dan kencang hanya dalam 7 hari.

DAPATKAN KULIT PUTIH BERSIH MENGGUNAKAN BEAUDELAB COLLAGEN DRINK DISINI

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
Hindari Sinar Matahari Berlebih untuk Rawat Kulit Sensitif

Hindari Sinar Matahari Berlebih untuk Rawat Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan suatu kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor, seperti udara dan bahan kimia tertentu. Orang yang memiliki kulit sensitif sering kali mengeluhkan rasa gatal, kulit kering, beruntusan, hingga...