fbpx

Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Siapa sih yang tidak ingin punya gigi kuat, putih, dan sehat? Memiliki gigi putih tentu saja akan membuat seseorang lebih percaya diri karena penampilannya yang semakin sempurna. Masalahnya, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat warna putih alami gigi berkurang bahkan berubah menjadi kekuningan. Jika mengalami masalah ini, tentu kepercayaan dirimu akan menurun. Oleh karena itu, kamu perlu mencari cara memutihkan gigi yang efektif.

Pertanyaannya, apakah gigi yang sudah menguning bisa diselamatkan? Tentu saja bisa karena sudah ada berbagai pilihan cara memutihkan gigi baik secara kimia maupun alami. Salah satu alternatif yang kerap dipilih untuk memutihkan gigi adalah melakukan veneer.  Namun, bagi yang memiliki keterbatasan biaya bisa menggunakan cara lainnya, seperti memanfaatkan baking soda.

Amankah Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda? 

Kalau kamu mempunyai kebiasaan minum kopi, teh, atau merokok, pasti gigi akan mengalami kekuningan. Pasalnya, kandungan pada kopi, teh, dan rokok bisa menyisakan kotoran pada gigi meskipun sudah disikat dan berkumur. Jadi, agar lebih aman sebaiknya kamu mulai mengurangi beberapa kebiasaan tersebut. Kalau sudah terlanjur menguning, kamu harus pintar-pintar menemukan bahan yang aman untuk mengembalikan warna putih gigi.

Baking soda termasuk alternatif bahan yang dipercaya akan untuk memutihkan gigi sekaligus membersihkan noda. Hal tersebut dimuat dalam Jurnal Pemanfaatan Baking Soda. Kandungan Natrium Bikarbonat pada bahan ini mampu memutihkan gigi secara alami dalam waktu relatif singkat. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu mengangkat noda-noda seperti sisa makanan ataupun nikotin pada perokok aktif.

Baking soda memiliki sifat abrasif yang mampu memulihkan warna kuning pada gigi manusia menjadi lebih putih. Namun, perlu diketahui kalau penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi tidak boleh dilakukan secara terus-menerus setiap hari. Hal tersebut dikarenakan bahan ini tidak mengandung fluoride yang berperan mencegah gigi berlubang.

Selain itu, penggunaan baking soda pada gigi yang terlalu sering juga dikhawatirkan dapat merusak lapisan gigi. Bahkan, meskipun kondisi gigi kamu sudah sangat parah tetap tidak disarankan menggunakan cara ini setiap hari. Oleh karena itu, menggunakan baking soda sebagai pemutih gigi cukup dua atau tiga hari sekali saja.

Namun, perlu dijadikan perhatian kalau tidak semua orang bisa menggunakan baking soda sebagai alternatif untuk membersihkan gigi. Berikut ciri-ciri orang yang tidak boleh menggunakan baking soda untuk menghindari efek samping serius:

  • Ibu hamil
  • Seseorang dengan riwayat penyakit gigi seperti akar gigi terbuka, enamel gigi sudah aus, atau gusi berdarah.
  • Seseorang yang memiliki gigi dengan noda terlalu gelap.
  • Anak-anak atau remaja berusia di bawah 16 tahun.
  • Seseorang yang memiliki gigi sensitif.
  • Seseorang yang memiliki alergi terhadap bahan-bahan pemutih gigi.

Cara Memutihkan Gigi Secara Efektif Menggunakan Baking Soda

Kandungan aktif tang ada di baking soda berperan untuk melawan bakteri pada gigi sekaligus menghempas plak yang menempel. Berikut ini  cara memutihkan gigi dengan baking soda yang dicampur beberapa bahan lainnya:

  • Baking Soda dan Pasta Gigi

Cara pertama dan termudah yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi adalah menggunakan campuran baking soda dan pasta gigi. Cara ini bisa kamu aplikasikan dengan mencampurkan air dengan baking soda ke dalam wadah kecil. Gunakan air dan baking soda dengan perbandingan 1:2 lalu aduk sampai merata. Setelah itu siapkan sikat dan pasta gigi yang biasa kamu gunakan sehari-hari.

Colekkan sikat yang sudah diberi pasta gigi ke dalam wadah berisi campuran baking soda tadi Gosok gigi selama kurang lebih dua menit sebagaimana biasa. Jika sudah, berkumurlah dengan air sampai tidak lagi ada sisa baking soda di dalam mulut. Ulangi cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan yang mengandung zat pemutih aman untuk gigi. Bahan ini sebenarnya sudah umum terdapat pada pasta gigi yang biasa kamu beli di pasaran. Biasanya, pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida memiliki label dapat mencerahkan atau memutihkan gigi.

Cara mengaplikasikan bahan ini sangat mudah karena kamu hanya tinggal menyiapkan 1 sdm baking soda dan 2 sdm hidrogen peroksida. Campurkan kedua bahan tersebut lalu tambahkan air dan aduk hingga merata. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi selama kurang lebih 2 menit. Ulangi langkah ini sebanyak dua kali seminggu agar hasilnya cepat terlihat.

  • Baking Soda dan Lemon

Air perasan lemon juga bisa menjadi pilihan yang aman untuk membersihkan plak dan noda pada gigi. Air lemon mengandung asam sitrat yang dapat membersihkan gigi sekaligus memberikan efek menyegarkan pada mulut. Apalagi, bahan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di pasar atau kios sekitar.

Untuk membuat campuran ini, cukup siapkan beberapa tetes perasan lemon segar dan 1 sdm baking soda lalu gunakan untuk menggosok gigi. Perubahan warna akan semakin terlihat kalau kamu menerapkannya secara rutin. Jamu cukup melakukan langkah ini 2 atau 3 bulan saja sebanyak 3 kali dalam seminggu.

  • Baking Soda dan Jeruk Nipis

Khasiat baking soda untuk memutihkan gigi akan semakin terasa kalau kamu mencampurkannya dengan bahan lain sebagai katalis. Selain lemon, jeruk nipis juga tak kalah ampuh untuk menghempaskan noda kuning pada gigi. Karena memiliki sifat yang sama-sama asam, tentu saja kedua buah ini memiliki manfaat serupa. Berikut ini resep menggunakan campuran baking soda dan jeruk nipis untuk memutihkan gigi yang bisa kamu buat di rumah:

  • Siapkan baking soda sekitar ½ sendok teh dan perasan jeruk nipis secukupnya.
  • Campurkan kedua bahan tersebut sampai membentuk tekstur seperti pasta atau mengental.
  • Ratakan bahan tersebut ke permukaan gigi dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.
  • Diamkan selama sekitar 2 menit kemudian bilas sampai bersih atah tidak ada sisa baking soda di dalam mulut.

Namun kamu perlu sangat berhati-hati kalau mau menerapkan cara ini. Pasalnya racikan ini memiliki sifat sangat asam sehingga bisa menggumpal pada gigi dan mengikis enamel jika tidak dibersihkan dengan benar. Oleh karena itu, cara ini disarankan hanya digunakan seminggu sekali saja.

  • Baking Soda dan Garam

Campuran lain yang tak kalah murah untuk membersihkan gigi adalah baking soda dan garam. Kedua bahan ini merupakan kombinasi yang cocok untuk mengurangi noda kuning pada gigi secara efektif.  Poin plusnya adalah kedua bahan ini sama-sama pasti ada di dapur dan harganya pun murah meriah.

Cukup siapkan ½ sdt baking soda, ½ sdt garam halus, dan sedikit air. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur rata kemudian oleskan pada gigi menggunakan sikat gigi. Sikatlah gigi sebagaimana biasa selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu diamkan selama 1 menit lalu bersihkan dengan cara berkumur.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi menggunakan baking soda dan campuran bahan alami lainnya yang dijamin efektif.  Buruan praktikkan cara-cara di atas biar kamu bisa kembali senyum percaya diri dengan gigi yang putih dan bebas noda!

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New

5 Cara Menggunakan Pemutih Gigi Dengan Maksimal

Warna gigi yang putih merupakan salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan biar kamu punya senyum terbaik. Salah satu metode yang sering di pilih adalah dengan menggunakan pemutih gigi. Namun pemutih gigi ini perlu di gunakan dengan benar supaya hasil yang di...

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

Punya senyum dengan gigi putih yang bersinar cerah tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan semua itu, produk pemutih gigi menjadi salah satu solusi yang banyak di gunakan. Produk-produk ini mengandung berbagai zat yang bekerja dengan efektif untuk...

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Cara memutihkan gigi tak harus dengan prosedur medis seperti halnya bleaching gigi, lho! Kamu juga bisa memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Sebab selain meningkatkan rasa percaya diri, gigi yang putih cemerlang...