fbpx

Khasiat Tanaman Rosemary untuk Perbaiki Kualitas Tidur

Manfaat Kesehatan Tanaman Rosemary – Selain memiliki aroma yang khas, ada beragam manfaat yang bisa didapat dari rosemary. Tanaman herbal ini banyak mengandung nutrisi dan zat alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Rosemary atau rosmarinus officinalis merupakan tanaman asli dari mediterania.

Dalam kehidupan sehari-hari, rosemary sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun selain manfaat kuliner, rosemary juga dapat digunakan dalam aromaterapi, teh herbal, dan suplemen untuk meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat rosemary ini didasarkan pada studi tahun 2018 yang menunjukkan hasil kalau rosemary dapat meningkatkan mood dan fungsi otak.

Para peneliti mengaitkan hal ini dengan kemampuan tanaman ini mendukung mikrobioma usus yang sehat dan mengurangi peradangan di bagian otak yang mengontrol emosi, pembelajaran, dan memori.

Teh Rosemary untuk Mengatasi Insomnia

Berikut cara membuat teh rosemary untuk mengatasi insomnia.

  • Tempatkan daun rosemary dalam toples atau gelas
  • Rebus daun rosemary selama beberapa menit
  • Saring ke gelas lain dan tambahkan madu jika kita suka manis
  • Nikmati teh rosemary kita selagi hangat

Aromaterapi Rosemary untuk Tidur Nyenyak

Selain dengan menyeduh kita juga bisa menggunakan minyak esensial rosemary untuk mendapatkan ridur yang lebih baik. Berikut adalah panduan lengkapnya.

  • Cuci beberapa tangkai rosemary dengan air dingin untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  • Tuangkan 475 ml minyak ke dalam wajan.
  • Tempatkan tangkai rosemary segar ke dalam wajan berisi minyak
  • Panaskan selama lima hingga sepuluh menit, aduk sesekali, dengan api kecil.
  • Saring dan dinginkan minyaknya.
  • Tuang minyak ke dalam botol dan minyak siap digunakan.

Hubungan Rosemary dan Melatonin

Melatonin adalah hormon yang memiliki berbagai fungsi untuk tubuh, seperti membantu mengontrol tekanan darah, dan suhu tubuh. Namun yang terpenting, melatonin ini memberi sinyal pada tubuh kita untuk tidur saat di luar gelap.

Ini karena melatonin berikatan dengan reseptor di tubuh yang membantu kita rileks. Nah, rosemary membantu tubuh memproduksi melatonin dengan mengikat reseptor otak dan menurunkan aktivitas saraf.

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk bisa meningkatkan kualitas tidur kita bisa membuat rosemary menjadi ramuan herbal. Berikut ini tips membuatnya.

  • Gunakan sekitar 2 tangkai rosemary.
  • Cuci tangkai rosemary dengan air dingin sebelum digunakan.
  • Panaskan air, lalu masukkan dua tangkai rosemary.
  • Rebus 5 menit.
  • Keluarkan tangkai rosemary dan minum ramuannya.

Itulah ulasan mengenai rosemary sebagai penambah kualitas tidur. Jika tidak ingin repot, Anda bisa mendapatkan manfaat tanaman rosemary dari Newlab dalam bentuk teh siap konsumsi. Klik di sini.

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
Pelajari Fungsi AHA Dalam Menghalau Lapisan Kulit Mati

Pelajari Fungsi AHA Dalam Menghalau Lapisan Kulit Mati

Tahukah Anda, bahwa AHA berfungsi untuk melemahkan ikatan antara sel-sel kulit mati? Hal ini diperlukan, untuk memudahkan sel-sel kulit mati tersebut terkelupas dan terangkat dari permukaan kulit. Selain itu, AHA juga dapat menembus ke dalam lapisan kulit yang lebih...