fbpx

Ini Manfaat Niacin dalam Mengurangi Kondisi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi, adalah kondisi di mana kulit mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dari warna normalnya. Hal ini disebabkan produksi melanin yang berlebihan, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

Kondisi ini dapat menimbulkan masalah serius bagi penderitanya dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi hiperpigmentasi, salah satunya dengan menggunakan niacin.

Berikut, penjelasan mengenai manfaat niacin dalam mengurangi hiperpigmentasi untuk kamu semua.

Manfaat Dalam Mengurangi Hiperpigmentasi Kulit

Salah satu bahan yang diklaim dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi adalah niacin, atau yang juga dikenal sebagai vitamin B3. Niacin adalah vitamin larut air yang berperan dalam berbagai proses metabolisme di dalam tubuh.

Niacin juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, seperti menghidrasi, mencerahkan, mengencangkan, dan melindungi kulit dari kerusakan. Inilah mengapa kini niacin banmyak digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

Bagaimana Niacinamide Bekerja?

Niacinamide dapat meningkatkan pergantian sel kulit dengan cara merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang memberi struktur dan kekuatan pada kulit. Di mana ini akan membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru dan memperbaiki kerusakan kulit.

Disisi lain, Niacinamide memiliki cara khusus dalam memudarkan noda bintik hitam yang ada di bagian lapisan kulit terluar. Caranya dengan menghambat munculnya sel melanin atau sel yang memberikan warna kulit pada manusia, sehingga kulit akan menjadi tampak lebih cerah.

Dengan demikian, niacinamide dapat membantu mengangkat lapisan kulit yang mengandung melanin berlebih, sehingga mengurangi hiperpigmentasi dan bekerja sebagai pemutih kulit paling efektif.

Peran Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah protein paling melimpah di dalam tubuh manusia, dan berperan dalam memberikan struktur, kekuatan, dan elastisitas pada kulit. Namun, apakah kamu tahu bahwa ada bahan alami yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh?

Bahan tersebut adalah niacin, atau yang juga dikenal sebagai vitamin B3. Niacin adalah vitamin larut air yang berperan dalam berbagai proses metabolisme di dalam tubuh, seperti mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi.

Zat ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, seperti menghidrasi, mencerahkan, mengencangkan, dan melindungi kulit dari kerusakan.

Karena niacin dapat merangsang produksi kolagen dengan cara meningkatkan produksi NAD, yaitu molekul yang berperan dalam berbagai proses biokimia di dalam sel.

NAD memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari, polusi, atau stres, yang dapat merusak DNA dan kolagen.

Zat ini juga dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA dan kolagen, serta mengurangi peradangan pada kulit.

Selain itu niacin juga dapat meningkatkan produksi kolagen dengan cara meningkatkan produksi asam hialuronat, yaitu senyawa yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh.

Bukan hanya dengan meningkatkan produksi NAD dan asam hialuronat namun juga dengan cara meningkatkan produksi vitamin C, yaitu vitamin yang penting untuk sintesis kolagen.

Bicara tentang Niacin, Newlab memiliki produk minuman anti acne berbentuk powder drink. Minuman ini mengandung Niacin yang efektif mengurangi kondisi hiperpigmentasi.

Minuman Acnalogy Powder Drink dari Newlab ini, selain mengandung niacin juga terdiri dari komponen kunci berupa zinc, selenium dan kolagen.

Acnalogy Powder Drink dari Newlab sendiri, memiliki manfaat untuk mengurangi jerawat dan munculnya bakteri. Ia juga bagus dalam mengontrol minyak dan mendukung proses antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan produk Acnalogy Powder Drink Newlab di link ini.

Logo Newlab Big Size
Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang esensial untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Salah satu faktor yang sering menjadi pertimbangan saat memilih sunscreen adalah tingkat SPF (Sun Protection Factor) yang...

Minum Kolagen: Manfaat dan Potensi Efek Samping

Minum Kolagen: Manfaat dan Potensi Efek Samping

Kolagen telah menjadi suplemen populer yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit, rambut, kuku, hingga sendi. Banyak orang mengonsumsi kolagen dalam bentuk suplemen untuk meremajakan kulit dan memperkuat rambut serta kuku. Namun, selain manfaatnya yang banyak...

What’s New
Ini Alasan Dokter Anjurkan Wanita Banyak Konsumsi Buah Naga

Ini Alasan Dokter Anjurkan Wanita Banyak Konsumsi Buah Naga

Manfaat buah naga untuk wanita ternyata cukup beragam. Pasalnya buah naga banyak mengandung nutrisi seperti  halnya magnesium, antioksidan, serta vitamin A, B, C, dan E. Selain bermanfaat untuk kulit dan wajah, nutrisi tersebut juga sangat bermanfaat untuk memberikan...

Mitos atau Fakta? Cokelat Berkorelasi dengan Kecantikan Wanita

Mitos atau Fakta? Cokelat Berkorelasi dengan Kecantikan Wanita

Cokelat adalah makanan kesukaan semua orang. Tapi tahukah Anda bahwa cokelat memiliki kandungan polyphenol dalam kakao, yang bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah? Menurut hasil riset penelitian perawatan kulit dengan cokelat terbukti ampuh dalam melindungi wajah...