fbpx

Peran Penting Probiotik dalam Perawatan Kulit dan Kecantikan Wanita

Kali ini kita akan membahas peran penting probiotik. Ya, probiotik memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan mikrobioma kulit, yaitu komunitas mikroorganisme yang hidup di permukaan. Mikrobioma kulit berfungsi sebagai pertahanan alami terhadap mikroorganisme jahat bernama polusi. Lalu ia juga melindingi dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, iritasi kulit, kusam dan penuaan dini.

Di sisi lain, probiotik juga dapat membantu memperkuat mikrobioma kulit dengan cara melawan mikroorganisme jahat yang dapat menyebabkan infeksi, peradangan, dan kerusakan kulit.

Kondisi kulit dan keseimbangan mikrobiom kulit di pengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun dari luar tubuh. Beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi kulit dan keseimbangan mikrobiom kulit adalah:

  • Genetik

  • Usia

  • Lingkungan

  • Gaya hidup

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi kulit dan keseimbangan mikrobioma kulit. Dengan adanya beberapa faktor tersebut, keseimbangan mikrobiom kulit di pengaruhi.

Probiotik dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kelembapan, dan meningkatkan pertahanan kulit terhadap faktor eksternal, seperti polusi, radikal bebas, dan sinar UV dengan cara:

  1. Menyeimbangkan mikrobioma kulit

  2. Memengaruhi sistem kekebalan tubuh

  3. Meningkatkan produksi peptida antimikroba

  4. Meningkatkan produksi asam lemak esensial

  5. Meningkatkan produksi asam hialuronat

  6. Meningkatkan produksi kolagen

  7. Meningkatkan fungsi penghalang kulit

  8. Meningkatkan produksi antioksidan

  9. Meningkatkan produksi elastin

Manfaat Probiotik

Untuk mendapatkan manfaat probiotik dalam perawatan kulit, ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik, atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung probiotik.

Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus, yang juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Salah satu produk perawatan kulit mengandung probiotik yang populer dan berkualitas, yaitu NewLab Brightening Body Lotion AHA.

Probiotik dapat memberikan manfaat untuk kulit melalui dua cara, yaitu dengan dikonsumsi secara oral atau dioleskan secara topikal. Berikut adalah beberapa manfaat probiotik sebagai perawatan kulit yang telah diteliti oleh para ahli, yaitu:

  • Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan luar kulit yang berfungsi sebagai pelindung dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak kulit, seperti polusi, sinar UV, dan bakteri jahat.

Probiotik dapat membantu meningkatkan produksi asam lemak esensial, sitokin anti-inflamasi, dan peptida antimikroba yang dapat memperkuat skin barrier dan menjaga kelembaban kulit.

  • Mengatasi Peradangan

Probiotik dapat mengurangi peradangan dengan menghambat aktivasi sel-sel kekebalan yang berlebihan dan menstimulasi produksi molekul anti-inflamasi. Probiotik juga dapat membantu mengobati kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan, seperti eksim, dermatitis atopik, rosacea, dan psoriasis.

  • Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dan dapat disebabkan berbagai faktor, seperti hormon, stres, pola makan, dan bakteri. Probiotik dapat membantu mengatasi jerawat dengan mengontrol pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi dan peradangan pada pori-pori kulit. Bagi Anda yang ingin mendapatkan NewLab Brightening Body Lotion AHA dapat membelinya di sini.

Logo Newlab Big Size
Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang esensial untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Salah satu faktor yang sering menjadi pertimbangan saat memilih sunscreen adalah tingkat SPF (Sun Protection Factor) yang...

Minum Kolagen: Manfaat dan Potensi Efek Samping

Minum Kolagen: Manfaat dan Potensi Efek Samping

Kolagen telah menjadi suplemen populer yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit, rambut, kuku, hingga sendi. Banyak orang mengonsumsi kolagen dalam bentuk suplemen untuk meremajakan kulit dan memperkuat rambut serta kuku. Namun, selain manfaatnya yang banyak...

What’s New
Ini Alasan Dokter Anjurkan Wanita Banyak Konsumsi Buah Naga

Ini Alasan Dokter Anjurkan Wanita Banyak Konsumsi Buah Naga

Manfaat buah naga untuk wanita ternyata cukup beragam. Pasalnya buah naga banyak mengandung nutrisi seperti  halnya magnesium, antioksidan, serta vitamin A, B, C, dan E. Selain bermanfaat untuk kulit dan wajah, nutrisi tersebut juga sangat bermanfaat untuk memberikan...

Mitos atau Fakta? Cokelat Berkorelasi dengan Kecantikan Wanita

Mitos atau Fakta? Cokelat Berkorelasi dengan Kecantikan Wanita

Cokelat adalah makanan kesukaan semua orang. Tapi tahukah Anda bahwa cokelat memiliki kandungan polyphenol dalam kakao, yang bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah? Menurut hasil riset penelitian perawatan kulit dengan cokelat terbukti ampuh dalam melindungi wajah...