fbpx

Alasan Mengapa Wanita yang Sudah Diet, Tetap Ada yang Gemuk

Ini cara diet sehat. Memunyai berat badan ideal pastinya menjadi dambaan setiap wanita. Oleh karena itu, diet sehat bagi wanita merupakan langkah tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Ada baiknya program diet ini juga dibarengi penerapan budaya sehat lain.

Budaya hidup sehat yang termasuk dalam salah satu cara diet wanita adalah rutin berolahraga. Sebab saat Anda berolahraga, tubuh membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Namun adakah orang yang diet namun gagal? Tentu saja ada seperti yang akan di jelaskan berikut.

Anda mungkin bertanya-tanya apa alasan sebenarnya mengapa tetap gemuk meski sudah diet dan olahraga. Di bawah ini ulasan lengkapnya.

Tipe Tubuh

Yang pertama kenapa bisa tetap gemuk meski sudah diet adalah dari tipe tubuh. Mengetahui tipe tubuh Anda dan mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu Anda tetap sehat. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita kurang makan karena tidak mengetahui tipe tubuh.

Olahraga Tidak Sesuaikan Tipe Tubuh

Kenapa ya kita masih gemuk meski diet? Diketahui bahwa jika setiap hari berolahraga secara terus-menerus, tidak ada gunanya. Lemak tidak terbakar secara maksimal, malah kita malah kelelahan jika jenis diet tidak sesuai tipe tubuh.

Kurang Tidur

Faktanya, kurang tidur juga bisa memperlambat mekanisme pembakaran lemak. Ketika pola tidur sehat, tubuh bekerja dengan lemak baik. Ini juga salah satu alasan kenapa kita tetap gemuk meskipun diet.

Karena masing-masing orang memiliki kondisi tubuh berbeda seperti halnya kesehatan, maka pola makan sebaiknya disesuaikan status kesehatan setiap orang. Sehingga setiap orang memiliki pola makan yang berbeda.

Jika seseorang mengidap diabetes, maka kebiasaan makannya khusus untuk diabetes. Pola makan seperti ini disebut dengan personalisasi diet, yaitu pola makan yang disesuaikan secara individual.

Jadi, setiap orang memiliki jenis pola makan yang berbeda dan jumlah makanan yang harus dimakan pun berbeda. Misalnya saja ada yang butuh diet tinggi protein, ada yang butuh diet rendah protein.

Apa Saja Jenis Diet?

Ada banyak jenis diet yang efektif untuk menurunkan berat badan. Tapi, apakah semua jenis diet aman untuk kesehatan? Agar tidak salah pilih, pelajari dulu berbagai jenis diet yang efektif menurunkan berat badan sekaligus sehat dan aman. Seperti:

Diet mayo

Pada dasarnya diet mayo adalah diet yang berfokus pada perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan seimbang dan berolahraga secara teratur. Diet mayo berfokus pada mengonsumsi beragam makanan sehat, seperti daging tanpa lemak, tempe, buah-buahan, sayur mayur, dan kacang-kacangan.

Pola Makan Tinggi Protein

Seperti namanya, diet ini menganjurkan mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging, seafood, telur, atau kacang-kacangan, diikuti dengan pengurangan asupan karbohidrat.

Tujuan utama diet ini adalah mengurangi konsumsi karbohidrat sehingga tubuh membakar lebih banyak lemak sebagai reaksi alami untuk menghasilkan energi dan mempercepat penurunan berat badan.

Protein

Diet protein merupakan salah satu jenis diet yang efektif untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi minuman berprotein tinggi ini akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan kalori harian. Protein juga dapat meningkatkan metabolisme dan membentuk otot.

Selain tinggi protein, minuman ini juga mengandung zat gizi mikro dan zat gizi makro yang di perlukan tubuh. Sebelum Anda menjalani diet ini, pastikan Anda memilih produk protein yang tidak mengandung bahan tambahan atau gula berlebih agar diet efektif.

Menurut seorang dokter, setidaknya ada beberapa penyebab seseorang wanita tidak bisa menurunkan berat badan meski sudah diet. Seperti:

Tidak Menggunakan Pengawasan Medis

Dokter beranggapan penyebab pertama wanita diet tapi hasilnya gagal adalah tidak menggunakan layanan pengawasan medis. Hal ini bisa menjadi diet gagal sebab tidak semua orang tahu tipe tubuh dan pola makan yang harus dilakukan saat diet.

Informasi Keliru

Menurut dokter, ada juga yang menghindar karena menerima informasi yang tidak tepat. Salah satunya cukup ambil dari Internet lalu ikuti polanya. Sebab, pola makan menjadi salah penyebab gagalnya diet pada wanita.

Terlalu Berlebihan

Seorang pelaku diet berusaha lebih keras untuk menghindari makanan. Akibatnya, mereka merasakan penderitaan. Saat diet, Anda hanya bertahan 2-3 hari tapi kemudian makan lebih banyak.

Ladies, untuk produk personal care wanita yang sudah BPOM, Anda bisa mendapatkannya di link ini. 

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
Ini Alasan Dokter Anjurkan Wanita Banyak Konsumsi Buah Naga

Ini Alasan Dokter Anjurkan Wanita Banyak Konsumsi Buah Naga

Manfaat buah naga untuk wanita ternyata cukup beragam. Pasalnya buah naga banyak mengandung nutrisi seperti  halnya magnesium, antioksidan, serta vitamin A, B, C, dan E. Selain bermanfaat untuk kulit dan wajah, nutrisi tersebut juga sangat bermanfaat untuk memberikan...

Mitos atau Fakta? Cokelat Berkorelasi dengan Kecantikan Wanita

Mitos atau Fakta? Cokelat Berkorelasi dengan Kecantikan Wanita

Cokelat adalah makanan kesukaan semua orang. Tapi tahukah Anda bahwa cokelat memiliki kandungan polyphenol dalam kakao, yang bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah? Menurut hasil riset penelitian perawatan kulit dengan cokelat terbukti ampuh dalam melindungi wajah...