fbpx

Kolagen untuk Kulit: Apakah Efeknya Terlihat?

Salah satu manfaat kolagen adalah membuat kulit menjadi halus dan kencang. Tak hanya itu, protein jenis ini juga efektif mencegah tkamu-tkamu penuaan. Manfaat collagen yang terbukti secara klinis membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Kolagen merupakan protein yang penting untuk kesehatan kulit. Jenis protein ini berperan menjaga dalam kekencangan kulit, kelembutan kulit dan elastisitas kulit. Namun produksi collagen dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia, sehingga penting untuk mengonsumsi suplemen kolagen. Di bawah ini adalah manfaat collagen untuk kulit dan terlihat terhadap efek kulit.

Berbagai manfaat dan efek kolagen untuk kecantikan kulit

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang berperan penting dalam membangun dan menopang banyak jaringan tubuh, mulai dari tulang, kulit, rambut, mata hingga sistem pencernaan. Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen berbahan protein ini menjadi populer karena dapat menjaga kekencangan kulit dan membuat seseorang tampak awet muda.

Sebenarnya masih banyak manfaat collagen untuk kulit yang harus diketahui semua wanita jika dikonsumsi secara rutin. Jadi inilah beberapa manfaatnya:

  • Menghaluskan Kulit dan Mengurangi Noda

Manfaat collagen yang pertama adalah dapat melembutkan kulit dan mengurangi kerutan. Hal ini dikarenakan kolagen merupakan komponen penting pada lapisan dermis pada kulit, sehingga memenuhi kebutuhan protein tersebut sangat baik untuk menjaga kehalusan kulit. Selain itu, kolagen memiliki efek anti penuaan yang mampu mengencangkan kulit dengan baik. Hal ini akan mengurangi noda pada wajah dan membuat kamu terlihat lebih muda.

  • Meningkatkan Elastisitas Kulit

Meningkatkan elastisitas kulit juga menjadi salah satu manfaat collagen jika dikonsumsi secara rutin. Seiring bertambahnya usia, jumlah collagen berkurang sehingga menyebabkan kulit kendur. Dengan menambahkan collagen pada rutinitas perawatan kulit kamu, elastisitas kulit dapat ditingkatkan, karena kandungan peptida kolagen dapat mencegah kulit kendur dan meregang secara permanen.

  • Meningkatkan Kelembaban Kulit

Kolagen juga dapat meningkatkan hidrasi kulit dan menjadikannya lembut saat disentuh. Penelitian menunjukkan bahwa protein ini sangat berguna untuk merawat kulit kering.

Sebenarnya kulit kering pada awalnya tidak berbahaya, namun masalah ini bisa memicu pengaktifan eksim, seperti kulit pecah-pecah, peradangan, kemerahan dan gatal-gatal. Asupan air dan collagen yang tinggi dapat membantu kulit mempertahankan kelembapannya.

  • Mengurangi Selulit

Manfaat collagen juga dapat memberikan untuk menghaluskan dan mengurangi selulit dengan memperkuat lapisan dermis. Faktanya, selulit semakin terlihat saat kulit menipis, meregang, atau kendur akibat penuaan. Dengan mengonsumsi kolagen, kamu bisa merasakan peningkatan elastisitas dan ketebalan kulit, sehingga mencegah berkembangnya selulit.

  • Mengobati Bekas Jerawat

Jerawat rentan terhadap jaringan parut saat sembuh. Padahal, penyebab utama munculnya bekas jerawat adalah rusaknya kolagen pada kulit. Oleh karena itu, mengonsumsi collagen dapat membantu membangun kembali jaringan yang dapat menyembuhkan bekas jerawat. Nah, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi stretch mark bahkan mencegahnya sebelum terjadi.

  • Memperbaiki Struktur Kulit

Manfaat kolagen lainnya adalah memperbaiki tekstur kulit. Dengan bertambahnya kolagen dalam tubuh, kulit menjadi lebih padat dan kencang. Hal ini membantu mengurangi kemungkinan peregangan kulit yang dapat menyebabkan stretch mark atau bekas luka yang tidak sedap dipkamung mata.

Nah, itulah beberapa manfaat kolagen untuk kulit yang bisa kamu peroleh bila kamu menggunakannya secara rutin. Kamu perlu Untuk mencapai hasil yang maksimal, sebaiknya kamu juga rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. kamu tidak hanya akan mendapatkan kulit mulus dan cantik, tapi juga tubuh sehat.

Logo Newlab Big Size
Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang esensial untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Salah satu faktor yang sering menjadi pertimbangan saat memilih sunscreen adalah tingkat SPF (Sun Protection Factor) yang...

Minum Kolagen: Manfaat dan Potensi Efek Samping

Minum Kolagen: Manfaat dan Potensi Efek Samping

Kolagen telah menjadi suplemen populer yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit, rambut, kuku, hingga sendi. Banyak orang mengonsumsi kolagen dalam bentuk suplemen untuk meremajakan kulit dan memperkuat rambut serta kuku. Namun, selain manfaatnya yang banyak...

What’s New
Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen dengan SPF Tinggi: Apakah Lebih Baik?

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang esensial untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Salah satu faktor yang sering menjadi pertimbangan saat memilih sunscreen adalah tingkat SPF (Sun Protection Factor) yang...