fbpx

Cara Menghilangkan Gigi Kuning yang Sudah Lama

Penasaran nggak sih kenapa gigi yang kuning susah banget buah dibikin putih lagi? Bahkan, banyak yang sampai frustasi dan mengurung diri karena sudah pakai berbagai produk pemutih gigi, tetapi masalah gigi kuning tidak juga menghilang. Nah, gimana sih cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama?

Penyebab Gigi Kuning

Sebelum mencari tahu lebih lanjut gimana cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama, mari kita ketahui apa saja penyebab yang bikin gigi kelihatan kuning. Ini dia nih penyebabnya.

1. Jarang Membersihkan Gigi

Gigi yang jarang dibersihkan adalah alasan terbesar kenapa gigi kuning. Jarang menyikat gigi membuat plak pun menempel, sehingga warna kuning pun timbul di gigi.

So, sebelum hal ini menimpa kamu, ada baiknya untuk rutin membersihkan gigi supaya kotoran segera minggat dari gigi. Akan lebih baik lagi bila kamu rutin membersihkan gigi supaya plak pergi, gigi pun kelihatan putih dan bersinar.

2. Penuaan

Meskipun cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama sudah diikuti, tetapi tidak kunjung mendapatkan hasil yang nyata mungkin karena faktor penuaan. Gigi yang kuning akan menipis, membuat dentin terlihat jelas.

Semakin tua, warna putih dan cerah pada gigi pun akan semakin berkurang, membuat gigi nampak kuning dan sangat susah dibersihkan.

3. Cara Membersihkan Gigi yang Salah

Salah satu alasan kenapa gigi berwarna kuning meskipun susah dibersihkan adalah karena cara membersihkan gigi yang terbilang salah. Posisi dan juga alur membersihkan gigi yang salah bisa berujung pada sia-sianya proses pembersihan gigi, membuat gigi tetap terlihat kotor.

Proses pembersihan gigi yang benar adalah dengan dibersihkan dari kiri ke kanan, menggunakan sikat gigi yang bersih dan benangnya tidak kusut. Segera perbarui sikat gigi kamu dengan produk terbaru yang memiliki benang tidak kusut. Tujuannya supaya kotoran bisa lebih mudah terangkat karena menggunakan benang yang bersih dan kuat.

cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama 1

4. Genetik (Keturunan)

Salah satu alasan kenapa gigi tetap kuning meskipun sudah dibersihkan adalah karena kemungkinan keturunan. Faktor genetik memang sangat berpengaruh dalam proses pewarnaan gigi.

Ada keturunan yang memiliki gigi mudah berubah warna kuning meski mengkonsumsi sedikit makanan manis, tetapi ada juga keturunan yang giginya susah kuning meski sering mengkonsumsi makanan mengandung gula.

Jangan khawatir, kamu yang punya keturunan gigi mudah berubah warna tetap bisa memutihkan gigi, asalkan harus sabar. Diperlukan waktu yang lumayan lama agar gigi kamu kembali berubah warna menjadi putih, lho!

5. Penyakit

Salah satu penyebab gigi berubah warna kuning dan susah dihilangkan adalah karena penyakit tertentu yang muncul. Misalkan saja adanya trauma gigi ringan yang membuat gigi berubang. Setelah kecelakaan, darah pun akan keluar melewati gigi, membuat warnanya berubah menjadi kuning.

6. Pengobatan

Salah satu penyebab kenapa gigi susah berubah putih adalah karena efek pengobatan. Obat-obatan yang mengandung antibiotik tertentu sangat bisa membuat warna gigi menjadi coklat maupun kuning, lho! Beberapa jenis obat-obatan semacam doksisiklin sendiri sangatlah bisa menggelapkan warna gigi.

7. Kebiasaan Merokok

Rokok memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Tak cuma itu, rokok pun sangat bisa mempengaruhi penampilan. Rutin merokok sendiri bisa mengubah warna gigi menjadi semakin gelap karena warna gusi yang berubah pekat.

Cara Menghilangkan Gigi Kuning yang Sudah Lama

Jangan khawatir, berikut ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan gigi kuning yang sudah lama dan susah hilang.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih rupanya sangatlah penting untuk menghindarkan gigi dari warna kuning. Nah, rupanya air putih sendiri tidak hanya bermanfaat untuk melembabkan kulit, namun juga membantu memutihkan gigi.

Cara kerja air liur sendiri untuk mencegah gigi kuning adalah dengan melembabkan dan gigi, sehingga sisa-sisa makanan yang menempel pun tidak akan mengendap dan menjadi plak. Kandungan enzim di dalam gigi sendiri bisa mencegah bakteri yang menyebabkan mulut berkembang.

2. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama, salah satu caranya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Ternyata nih, rutin merokok bisa membuat gigi kuning dan bau mulut. Merokok sendiri bisa memicu terbentuknya karang gigi, membuatnya jadi berwarna hitam. Sebaiknya, hentikan kebiasaan ini karena bisa memicu terbentuknya karang gigi.

3. Gunakan Obat Kumur

Salah satu cara yang harus dilakukan untuk menghilangkan gigi kuning yang sudah lama adalah dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur sendiri dinilai bisa membantu merontokkan sisa makanan alias plak yang menempel pada gigi. Tak cuma itu, penggunaan obat kumur juga bisa membantu mengatasi aroma buruk supaya gigi semakin segar.

Segera hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa.

4. Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama lainnya adalah dengan menggunakan baking soda. Cukup gosok gigi seperti biasa, tetapi campurkan pasta gigi dengan baking soda. Kandungan baking soda sendiri dinilai bisa melindungi gigi serta mencegah bagian kiki kehilangan kalsium. Sifat antimikroba yang ada di dalam gigi juga mampu mencegah kerusakan gigi.

5. Membersihkan Gigi dengan Benang

Selain itu, kamu pun juga bisa membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tujuannya supaya sela-sela gigi pun bisa terjangkau menggunakan sikat gigi. Coba lakukan cara ini untuk hasil gigi lebih putih maksimal.

6. Menyikat Gigi dengan Cara yang Benar

Cobalah untuk menyikat gigi dengan teknik yang benar. Meskipun kamu sudah menyikat gigi, tetapi bila cara yang kamu gunakan salah, maka sia-sia saja dan kamu pun tidak bisa mengeluarkan plak gigi.

Sikat Gigi yang benar adalah dimulai dari gigi paling belakang, dari sisi kanan menuju sisi kiri. Kemudian, pastikan juga tidak menyikat gigi terlalu keras supaya enamel gigi tidak rusak. Pastikan untuk melakukannya selama dua menit hingga gigi benar-benar bersih.

7. Bleaching Gigi

Bleaching gigi merupakan prosedur perawatan gigi yang dilakukan untuk memutihkan gigi secara efektif. Hanya dokter gigi ahli yang bisa melakukannya/ Sayangnya, bleaching gigi tidak bisa memberikan hasil permanen dan harus diulangi agar gigi kembali putih lagi.

Well, salah satu efek dari bleaching gigi sendiri adalah rusaknya lapisan gigi. Bila bleaching dilakukan agar berlebihan, gigi pun bisa over-whitening.

BACA JUGA:

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New

5 Cara Menggunakan Pemutih Gigi Dengan Maksimal

Warna gigi yang putih merupakan salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan biar kamu punya senyum terbaik. Salah satu metode yang sering di pilih adalah dengan menggunakan pemutih gigi. Namun pemutih gigi ini perlu di gunakan dengan benar supaya hasil yang di...

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

4 Zat Yang Terkandung Dalam Pemutih Gigi

Punya senyum dengan gigi putih yang bersinar cerah tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkan semua itu, produk pemutih gigi menjadi salah satu solusi yang banyak di gunakan. Produk-produk ini mengandung berbagai zat yang bekerja dengan efektif untuk...

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Cara memutihkan gigi tak harus dengan prosedur medis seperti halnya bleaching gigi, lho! Kamu juga bisa memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Sebab selain meningkatkan rasa percaya diri, gigi yang putih cemerlang...