fbpx

Pakai Cara Alami Berikut Ini, Dijamin Bisa Menghilangkan Ketiak Hitam!

Apakah kamu sering merasa tidak percaya diri ketika keluar rumah karena kulit ketiak yang hitam? Memiliki ketiak yang hitam seringkali membuat perempuan merasa minder ketika memakai pakaian terbuka yang mengekspos ketiak mereka. Tentu keadaan ini akan membuat kepercayaan diri seorang wanita bisa turun drastis.

Ketiak yang hitam bisa disebabkan oleh beberapa sebab, salah satunya adalah penumpukan sel kulit mati di daerah ketiak. Hal ini terjadi karena gesekan terus menerus antara kulit ketiak dengan pakaian yang berbahan dasar kasar atau antara kulit ketiak dengan keringat.

Penyebab lainnya adalah paparan bahan kimia dari deodorant yang sering kita pakai di ketiak dan antiperspirant yang juga mempunyai peran signifikan dalam menggelapkan kulit ketiakmu. Membuat kulit ketiak kembali putih bisa dilakukan dengan melakukan perawatan pada dokter ahli kulit atau kecantikan. Namun, tentu saja perawatan tersebut akan menelan biaya yang tidak sedikit.

Buat kamu yang ingin memiliki ketiak putih dan mulus dengan harga terjangkau, berikut tips menghilangkan ketiak hitam menggunakan bahan alami. Yuk simak penjelasan selengkapnya.

  1. Kunyit

Tanaman satu ini pasti seringkali kamu jumpai di dapur menjadi bumbu untuk memasak. Ternyata, kunyit juga bisa untuk mengatasi permasalahan kulit. Ketiak yang menghitam bisa dihilangkan dengan menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya.

Kunyit dikenal memiliki zat antioksidan dan kurmin sehingga bisa menghaluskan tekstur kulit di bagian lipatan ketiak yang hitam. Selain itu, kunyit juga mengandung zat antibakteri yang mampu menghilangkan bau menyengat pada ketiak.

Cara penggunaannya pun sederhana, cukup cuci kunyit hingga bersih lalu parut kunyit hingga halus. Setelah itu, kamu bisa juga campurkan madu pada paurtan kunyit tersebut dan oleskan hingga merata pada bagian ketiak yang menghitam. Diamkan olesan tadi selama 20 hingga 30 menit, setelah mongering kamu bisa langsung membilasnya dengan air hingga tak tersisa.

Pastikan kamu melakukan perawatan ini dengan rutin setidaknya selama 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Kulit Jeruk

Cara yang kedua adalah menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan ketiak hitam. Kamu bisa mengolah kulit jeruk menjadi scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada ketiak yang menjadi penyebab kulit ketiak menghitam.

Hal ini disebabkan oleh kulit jeruk yang memiliki tekstur butiran yang cukup kasar dan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga mempermudah proses regenerasi kulit.

Caranya yaitu kamu bisa mengambil kulit jeruk yang sudah tidak terpakai lalu jemur hingga benar-benar kering. Setelah itu, haluskan kulit jeruk hingga menjadi serbuk. Tambahkan sedikit air pada serbuk kulit jeruk yang sudah dihaluskan lalu gosokkan pada kulit ketiak yang hitam selama 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih apabila semua proses sudah selesai.

  1. Mentimun

Selain nikmat dijadikan sayur santapan pendamping, mentimun juga memiliki khasiat yang banyak digunakan untuk kecantikan. Kamu bisa memakai mentimun untuk memutihkan kulit ketiak karena mengandung zat antioksidan. Zat ini bisa membantu proses pengangkatan sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sel kulit yang baru.

Kamu bisa mengiris mentimun tipis-tipis atau menghaluskannya bersama kulit mentimun. Setelah itu, tempelkan mentimun yang sudah di potong tipis pada lipatan ketiak. Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar kandungan air dalam mentimun bisa meresap sempurna pada lapisan kulit. Setelah kering, bersihkan dengan air bersih hingga tidak bersisa. Lakukan proses ini 2 kali dalam seminggu secara rutin.

  1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun memilki segudang manfaat dan salah satu diantaranya bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam. Zat ini terdapat pada banyak produk kecantikan sebagai bahan campurannya.

Hal ini karena minyak zaitun mengandung beberapa vitamin yang bagus dan bermanfaat bagi kesehatan seperti vitamin A dan E. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun terbukti mampu melembabkan kulit, mempercepat regenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Oleskan 2 sendok minyak zaitun pada kulit ketiak lalu diamkan selama 10 menit hingga meresap sempurna kedalam kulit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Jika ingin menghilangkan kulit ketiak hitam, kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun setidaknya 3 kali dalam seminggu secara rutin agar mendapatkan kulit ketiak yang cerah maksimal.

menghilangkan ketiak hitam 2

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah cukup popular sebagai bahan dasar pada produk kesehatan dan kecantikan. Hal ini karena lidah buaya mengandung banyak zat yang baik bagi lapisan kulit. Beberapa kandungan yang terdapat dalam lidah buaya adalah vitamin E dan A yang berguna dalam proses mencerahkan kulit ketiak yang hitam.

Selain itu, Aloesin yang terkandung dalam gel lidah buaya mampu menghambat proses pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Proses ini yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi kulit iritasi dan meradang.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketiak yang hitam tergolong cukup mudah. Kamu perlu memotong lidah buaya yang sudah dicuci bersih lalu oleskan gel lidah buaya pada ketiak yang menghitam dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah mongering, bilas dengan air hangat hingga bersih. Disarankan untuk melakukannya secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu.

  1. Kentang

Tidak hanya bisa dikonsumsi, kentang juga termasuk dalam bahan alami yang mampu mengatasi ketiak yang menghitam. Didalam kentang terdapat vitamin C dan B3 yang lumayan tinggi sehingga cukup efektif dalam mencerahkan kulit ketiak yang menghitam.

Selain itu, kandungan zat anti-inflamasi yang terdapat dalam kentang mampu mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

Cara penggunaannya cukup sederhana yaitu dengan memarut kentang sampai halus lalu rendam dengan air bersih terlebih dahulu. Setelah itu oleskan pada lipatan ketiak yang menghitam dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.

Ketika sudah keting, kamu bisa membasuhnya dengan air hangat hingga bersih. Disarankan untuk melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Cuka Apel

Cara yang terakhir untuk menghilangkan ketiak hitam adalah dengan menggunakan cuka apel. Perlu diketahui bahwa cuka apel mengandung zat asam sitrat dan asam asetat yang cukup tinggi. Kedua kandungan zat tersebut mampu secara efektif mengangkat sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri yang terdapat pada area ketiak.

Kamu bisa mengoleskan 2 sendok the cuka apel lalu oleskan pada daerah kulit ketiak yang hitam dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air dingin setelah semua proses tersebut selesai.

Baca Juga:

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
Manfaat Menggunakan Pencerah Ketiak Secara Rutin

Manfaat Menggunakan Pencerah Ketiak Secara Rutin

Menggunakan pencerah ketiak secara rutin kini telah jadi tren populer yang banyak di gunakan. Apalagi ketiak yang cerah dan sehat telah menjadi salah satu ciri kebersihan dan perawatan diri yang baik. Di era sekarang ini banyak orang menggunakan berbagai cara untuk...

6 Cara Mencerahkan Ketiak Dengan Cepat

6 Cara Mencerahkan Ketiak Dengan Cepat

Cara mencerahkan ketiak dengan cepat merupakan langkah terbaik yang bisa kamu lakukan. Biasanya ketiak gelap terjadi karena suatu kondisi yang biasa di sebut acanthosis nigricans. Kondisi ini bisa terjadi dengan tiba-tiba dan bisa menimbulkan lipatan di sekitar tubuh....

5 Cara Mencerahkan Ketiak Menggunakan Bahan Alami

5 Cara Mencerahkan Ketiak Menggunakan Bahan Alami

Cara mencerahkan ketiak merupakan hal yang harus diketahui. Karena sebagian besar orang, menganggap hal itu memalukan. Bahkan, kulit ketiak yang terlihat lebih gelap bisa membuat beberapa orang menghindari penggunaan atasan tanpa lengan, mengenakan pakaian renang di...