fbpx

Penting! Kenali Penyebab Jerawat yang Sering Muncul Di Wajah

Jerawat adalah suatu kondisi dimana kulit mengalami gangguan yang behubungan dengan produksi sebum. Saat foliket rambut di kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati, bakteri yang ikut terperangkap dalam sumbatan tersebut dapat menyebabkan iritasi sehingga akan menyebabkan jerawat.

Pori-pori wajah yang tersumbat ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah sehingga membuat wajah terlihat lebih kusam dibanding biasanya. Selain itu, gejala paling umum dari munculnya jerawat juga ditandai dengan munculnuya beruntusan, benjolan berwarna kemerahan dan berisi nanah. Pori-pori tersebut dapat tersumbat karena disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Kulit wajah maupun badan berisiko mengalami jerawat apabila tidak dibersihkan secara sempurna. Jerawat juga bisa mengganggu penampilan lho, apalagi kalau munculnya di wajah. Maka dari itu, kamu harus tau penyebab jerawat agar mampu mencegah munculnya jerawat di kulit. Berikut adalah beberapa macam penyebab jerawat yang paling sering kamu temui.

  1. Terkena Debu dan Kotoran

Bagi kamu yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan seperti di jalan raya wajib ekstra hati-hati. Hal ini karena debu dan kotoran yang beterbangan dijalan beresiko menempel di kulit wajah dan menyumbat pori-pori sehingga akan menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, disarankan untuk kamu yang sering melakukan aktifitas berat diluar ruangan untuk rajin mencuci muka untuk mencegah penumpukan kotoran dan debu di kulit. Kamu bisa melakukannya di sela-sela aktifitas agar kulit senantiasa bersih dan bebas dari kotoran dan debu yang menumpuk.

Gunakan pembersih wajah yang berbahan dasar alami sehingga mampu meminimalisir resiko iritasi pada kulit.

  1. Stress Berlebihan

Secara tidak langsung, stress yang berlebihan mampu memicu munculnya jerawat pada kulit. Hal ini disebabkan karena pada saat kamu mengalami stress, tubuhmu akan memproduksi zat androgen dalam jumlah yang lebih banyak daripada kondisi normal. Lebih lanjut, zat ini akan merangsang kelenjar minyak dan kantong rambut, akibatnya jerawat akan muncul.

Stress juga dapat membuat kamu melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat seperti merokok, minum alkohol dan makan makanan yang tidak sehat secara berlebihan. Oleh karena itu, kamu perlu mengelola emosi dengan baik agar dapat mengurangi stress yang akan mengakibatkan munculnya jerawat.

  1. Merokok.

Merokok idak hanya memiliki dampat yang buruk bagi kesehatan tubuh, aktifitas merokok juga dapat menimbulkan berbagai efek buruk pada kulit tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa seorang perokok yang mengalami kulit berjerawat pada usia remaja akan rentan mengalami hal yang sama juga di usia dewasa mereka.

Selain itu, merokok juga dapat mempersempit pembuluh darah dari dalam dan asapnya dapat merusak sel-sel kulit apabila mengalami paparan langsung. Akibatnya kulit akan mengalami penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh kulit mati yang menumpuk sehingga akan menimbulkan komedo dan jerawat.

Aktifitas merokok juga terbukti mampu memperburuk luka bekas jerawat dan membuat kulit kasar dan tidak rata.

  1. Pengaruh Hormon

Penyebab yang ke empat ini kuat hubungan nya dengan masa pubertas khususnya bagi laki-laki. Penyebab jerawat pada masa remaja kerp kali disebabkan oleh peningkatan pada produksi hormon testosterone selama masa pubertas berlangsung.

Hormon ini berperan dalam pertumbuhan alat vital laki-laki dan menjaga kekuatan otot dan tulang bagi perempuan. Kelenjar minyak pada kulit di tubuh sangat sensitive pada perubahan hormon. Hal ini mengakibatkan produksi kelenjar minyak turut melonjak ketika hormone testosterone mengalami peningkatan.

Produksi minyak berlebihan yang diakibatkan oleh perubahan hormone inilah yang menyebabkan jerawat muncul di kulit tubuh, khususnya pada area wajah.

penyebab jerawat 2

  1. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Tidak bisa dipungkiri bahwa jerawat memiliki hubungan langsung denga napa yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan menimbulkan ketidakstabilan hormone dan juga memicu produksi minyak yang berlebihan. Hal ini akan membuat pori-pori dikulit akan tersumbat oleh minyak dan kotoran sehingga menyebabkan jerawat.

Makanan kurang sehat yang patut dihindari agar tidak menimbulkan jerawat adalah makanan berminyak, makanan cepat saji, dan makanan yang memilki kandungan karbohidrat dan gula berlebih. Asupan makanan yang tinggi lemak dan terlalu pedas juga patut diwaspadai. Terlebih makanan yang mengandung tinggi karbohidrat yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan kadar insulin yang menyebabkan munculnya jerawat.

Solusinya, kamu bisa mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat seperti camilan keripik dan es krim. Disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral.

Meski begitu,penelitian terkait hubungan makanan-makanan tersebeut dengan munculnya jerawat masih dilakukan hingga saat ini untuk mendapatkan bukti dan data yang akurat.

  1. Sering Tidur Larut Malam

Buat kamu yang masih pelajar disarankan untuk tidak sering tidur larut malam karena hal ini adalah salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit tubuh. Kurangnya waktu istirahat dapat terjadi karena stress yang kerap terjadi akibat kurang tidur.

Saat tubuh kamu mengalami stress, kadar hormone kortisol akan meningkat dan bisa memicu proses peradangan pada tubuh yang salah satu akibatnya adalah merusak struktur lapisan kulit pada tubuh. Sering tidur larut malam juga dapat memperparah kondisi jerawat yang sudah ada dan juga masalah kulit lainnya.

  1. Sering Terkena Keringat

Hal ini sering terjadi pada kamu yang sering melakukan olahraga berat. Keringat yang mengucur dari kulit kepala seringkali menyebabkan jerawat karena kotoran dan bakteri yang bercampur dengan keringat akan menempel pada wajah.

Pada saat waktu berloahraga, pori-pori kulit di wajahmu akan terbuka, sehingga menyebabkan rawan untuk tersumbat minyak, kotoran dan bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mencuci wajah sesaat sebelum melakukan olahraga dan sesaat setelah melakukan aktifitas berolahraga.

Dianjurkan untuk memakai ikat rambut untuk mencegah rambut dan keringat menyentuh bagian wajah langsung.

  1. Memakai Make Up yang Kurang Cocok di Kulit

Yang terakhir adalah memakai make up dengan komposisi produk yang tidak cocok dengan kulit di tubuh. Kamu perlu memperhatikan produk perawatan kulit dan kosmetik. Hal ini bertujuan agar tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan penumpukan komedo dikulit. Kedua factor tersebut adalah factor utama penyebab munculnya jerawat di wajah, khususnya bagi kamu yang memilki kulit berminyak.

Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih produk perawatan dan kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Gunakan produk yang memiliki label non-comedogenic (tidak menimbilkan komedo).

Baca Juga:

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
Cara Efektif Proteksi Diri dari Jerawat di Musim Hujan

Cara Efektif Proteksi Diri dari Jerawat di Musim Hujan

Ladies, tahukah kalian bahwa udara dingin yang datang di musim hujan bisa membuat kulit kita berjerawat? Ya, di musim hujan, pH kulit seringkali tidak seimbang akibat lingkungan yang lembap. Hal ini mengakibatkan produksi sebum pada kulit meningkat sehingga kulit...