fbpx

Hati-hati! Berikut Penyebab Bulu Mata Rontok

Bulu mata  dianggap penting oleh Sebagian besar orang, khususnya bagi kaum wanita. Hal ini karena, bulu mata yang cantik mampu membuat penampilan semakin menarik serta memperindah area mata kaum hawa. Tapi, seringkali bentuk bulu mata yang kita miliki tidak sesuai dengan harapan kita. Salah satu penyebabnya yaitu karena bulu mata yang rontok.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat bulu di mata rontok, bisa dari proses alamiah hingga kesengajaan. Jika dibiarkan terus-menerus, akan berbahaya bagi mata dan akan menimbulkan kerusakan permanen pada bagian area mata. Tentu kamu nggak mau kan mengalami hal ini, simak penyebab bulu mata bisa rontok berikut ini.

Kenali Lebih Jauh

Bulu mata yang rontok adalah kondisi yang bisa terjadi secara disengaja maupun tidak sengaja. Secara umum. Bulu mata yang rontok pernah dirasakan oleh semua orang. Terdapat berbagai kondisi maupun penyebab mengapa bulu mata bisa rontok.

Jika bulu mata terus menerus rontok, maka ada yang perlu diwaspadai, mengingat hal itu tidak wajar dan terus berlanjut. Siklus alami bulu mata yang rontok terjadi setiap 6-10 minggu sekali. Jadi setiap hari kamu bisa kehilangan bulu mata sekitar 1-5 helai.

Cara Merawat Bulu Mata

Berikut ini adalah beberapa bahan untuk merawat bulu mata agar tidak rontok, diantaranya:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan yang efektif untuk mengangani masalah kecantikan khususnya yang berhubungan dengan rambut. Tidak hanya dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut di kepala, kamu juga bisa memakai sari lidah buaya sebagai bahan tradisional yang wajib dicoba guna merawat bulu mata.

Selain itu, lidah buaya juga kaya akan berbagai macam vitamin dan nutrisi yang terbukti mampu merawat dan meremajakan sel-sel rambut pada bulu mata.

  1. Minyak zaitun

Minyak Zaitun terkenal kaya akan manfaat dan salah satu diantaranya bisa kamu manfaatkan untuk merawat bulu mata. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa minyak zaitun mengandung beberapa vitamin yang bagus dan bermanfaat bagi kesehatan bulu mata seperti vitamin A dan E.

  1. Minyak kemiri

Minyak kemiri memiliki kandungan asam linolenic yang berfungsi memberikan merawat dan meregenerasi sel rambut pada bagian bulu mata. Selain menggunakannya pada rambut di bagian kepala, kamu juga bisa menggunakannya pada bulu mata..

  1. Teh hijau

Selain berguna untuk Kesehatan tubuh secara keseluruhan, teh hijau juga bisa kamu manfaatkan untuk merawat kecantikan bulu mata. Hal ini karena the hijau mempunyai kandungan kafein dan flavonoid yang mampu mendorong laju pertumbuhan bulu mata serta meregenerasi pertumbuhan bulu mata yang baru.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa cukup aman bila digunakan untuk merawat kecantikan bulu mata. Kamu bisa mengusapkan minyak kelapa di sekitar mata dan dekat bulu mata. Selain memiliki khasiat untuk merawat dan meremajakan bulu mata, minyak kelapa juga berfungsi untuk melembabkan daerah sekitar bulu mata agar tidak kering dan rontok..

Apa Saja Penyebabnya?

Berikut adalah penyebab kenapa bulu mata bisa rontok:

  1. Menggunakan Maskara

Penggunaan maskara secara berlebihan mampu membuat bulu mata menjadi rentan karena dalam penggunaanya akan menggoyang bagian matai. Selain itu, maskara waterproof bisa menyebabkan bulu mata jadi lebih kaku karena mengandung bahan kimia.

Terdapat tinta dalam maskara yang menempel pada bulu mata yang akan beresiko rentan akan luntur sehingga membuat tampilan menjadi kurang alami.

  1. Menggosok Mata Secara Berlebihan

Menggosok mata secara berlebihan juga bisa menjadi salah satu sebab rontoknya bulu mata lho. Hingga membuat bulu mata menjadi jatuh dan hilang. Disarankan untuk tidak menggosok mata secara berlebihan agar bulu mata kamu tidak ikut rontok.

Kamu hanya perlu menggosok mata dengan halus dan perlahan jika memang sedang diperlukan. Tidak perlu menggosok mata dengan berlebihan karena akan memberikan dampak yang buruk bagi mata dan area sekitar mata.

bulu mata rontok 2

  1. Menggunakan penjepit bulu mata

Penjepit bulu mata digunakan sebagai salah satu alat kecantikan yang digunakan untuk memperindah bulu mata. Fungsi dari alat ini sendiri yaitu membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan tebal.

Tetapi, tahukah kamu bahwa memakai penjepit bulu mata secara berlebihan juga bisa merusak bulu matamu. Akibatnya bulu mata akan rusak dan menimbulkan kerontokan. Bukan itu saja, menggunakan penjepit bulu mata dengan keras juga bisa mencabut bulu mata serta menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada area kelopak mata.

  1. Terjadi Peradangan Pada Bagian Kelopak Mata

Penyebab rontoknya bulu mata yang ke 4 yaitu terjadi peradangan pada area kelopak mata. Peradangan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu disebabkan oleh infeksi bakteri.

Hal ini disebabkan karena tangan kamu kurang steril ketika menyentuh bagian mata sehingga bakteri akan ikut masuk sehingga menyebabkan infeksi pada mata. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini akan menyebabkan bulu mata akan rontok.

  1. Alopecia

Jika bulu mata kamu sulit tumbuh dan terus mengalami kerontokan, maka kamu mungkin mengalami gejala penyakit autoimun yang disebut dengan alopecia. Ditandai dengan rontoknya rambut di kepala  kemudian bulu mata, alis, dan bulu halus dalam kulit juga bisa rontok.

Disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila terdapat gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan diatas agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah akibat terlambat memberi penanganan.

  1. Terjadi penyakit tiroid

Kelenjar dalam tiroid diketahui telah menghasilkan hormon tiroid yang mampu memproduksi hormone sesuai dengan keadaan kita. Jika hormon tiroid membesar, maka, akan timbul berbagai gejala seperti rontoknya rambut ditubuh dan tidak menutup kemungkinan juga bisa menyebabkan rontoknya bulu mata.

Bulu mata bisa rontok apabila pasien yang mengalami gangguan tiroid mempunyai kondisi hipertiroidisme (kondisi tiroid yang terlalu aktif memproduksi hormone) dan hipotiroidisme (ketika tiroid kutang dalam memproduksi hormone). Jadi, disarankan untuk lebih waspada ketika menemui gejala tersebut dan segera mengunjungi dokter agar mampu mendapatkan penagananan yang tepat.

Cara Agar Bulu Mata Tidak Rontok

Berikut adalah cara agar mencegahnya:

  1. Gunakan maskara yang baru, untuk menghindari alergi pada bulu mata.
  2. Berhati-hati dalam membersihkan make up, khususnya bagian mata.
  3. Bersihkan make up sebelum tidur atau istirahat.
  4. Jangan sering menggunakan alat penjepit bulu mata.
  5. Lepaskan bulu mata palsu atau extension dengan perlahan.
  6. Pakai serum untuk bulu mata.
  7. Konsumsi makanan sehat.

Itulah penjelasan mengenai penyebab bulu mata rontok. dari penyebab hingga cara mencegahnya agar tidak terulang kembali. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Logo Newlab Big Size
Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Kolagen dan Manfaatnya dalam Pengobatan Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera yang mempengaruhi kulit dan jaringan di bawahnya, sering kali disebabkan oleh paparan panas, bahan kimia, listrik, atau radiasi. Salah satu komponen penting yang telah digunakan dalam pengobatan luka bakar adalah kolagen. Kolagen tidak...

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Peran Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Mata

Kolagen dikenal sebagai protein yang penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa kolagen juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata? Kolagen adalah komponen utama yang membentuk struktur mata, terutama pada kornea dan...

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kolagen dan Pencegahan Osteoporosis pada Lansia

Kekurangan kolagen menjadi salah satu penyebab munculnya osteoporosis. Penyakit osteoporos merupakan kondisi yang sering terjadi pada lansia, ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang. Salah satu komponen penting dalam menjaga...

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Kolagen untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Keamanan

Belakangan ini, kolagen semakin populer sebagai suplemen kesehatan, terutama di kalangan wanita yang ingin menjaga kecantikan kulit dan kesehatan sendi. Hal ini karena kolagen adalah protein alami yang memainkan peran penting dalam membentuk dan menjaga kesehatan...

What’s New
Manfaat Biotin Dalam Serum Bulu Mata

Manfaat Biotin Dalam Serum Bulu Mata

Menggunakan serum bulu mata yang mengandung biotin secara rutin ternyata akan memberikan banyak sekali manfaat kepada penggunanya. Seperti membantu memperkuat bulu mata, menebalkan, dan menjaga supaya bulu mata tetap lembap. Ini bisa saja terjadi, karena biotin ialah...

Cara Memanjangkan Bulu Mata Dengan Minyak Kemiri

Cara Memanjangkan Bulu Mata Dengan Minyak Kemiri

Sekarang ini cara memanjangkan bulu mata dengan bahan-bahan alami kian banyak di gemari. Bulu mata yang panjang merupakan dambaan banyak orang, terutama buat wanita yang ingin tampil dengan mata yang lebih lentik. Selain itu, bulu mata yang sehat dan kuat juga...

Cara Memanjangkan Bulu Mata Dengan Bahan Kimia

Cara Memanjangkan Bulu Mata Dengan Bahan Kimia

Agar terlihat menarik ada beberapa cara memanjangkan bulu mata yang harus kamu ketahui, salah satunya adalah menggunakan bahan kimia. Namun sebelum menggunakannya, kamu harus memilih cara yang benar supaya bisa mencegah kerontokan agar membuat bulu mata tetap sehat....